Dr. Insih Wilujeng, M.Pd.

Status : Tenaga Pendidik

Dr. Insih Wilujeng, M.Pd. on Google Scholar

Identitas
NIP : 196712021993032001
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Keahlian :

Pendidikan IPA


Riwayat Pendidikan :

ijasah s3
ijasah s1 (1)
ijasah s2
3 SERTIFIKASI
Unit Kerja
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :
Jurusan Pendidikan IPA
Golongan / Pangkat :
IV/c / Pembina Utama Muda
Jabatan :
Lektor Kepala
Contact
email : insih@uny.ac.id
Blog :
Facebook : Insih Wilujeng
Bidang Pendidikan

PENGALAMAN MENGAJAR

Mata Kuliah

Program Pendidikan

Institusi/Jurusan/Program Studi

Sem/Tahun Akademik.

 

File Bidang Pendidikan :
RPS IPA Terintegrasi
RPS Praktikum Pembelajaran IPA
RPS IPBA S2 Pendidikan IPA
RPS Praktikum Inovasi Pembelajaran Fisika
RPS IPA untuk S2 DikDAs
RPS Strategi dan Manajemen Pembelajaran IPA S1 Pend. IPA
Standar Konten IPA SMP
Standar Keterampilan, pedagogi dan sikap Ilmiah IPA SMP
materi IPBA S2 Pendidikan IPA
Materi Kuliah IPA S2 Pend. dasar
Materi Kuliah IPBA S2 Pendidikan IPA
Materi Kuliah IPBA S2 Pendidikan IPA
Referensi Model-model Kurikulum
Materi Kuliah IPA Terintegrasi
Materi Matrikulasi S2 Pendidikan IPA
referensi Mata kuliah IPA S2 Dikdas
Referensi Mata Kuliah S2 Dikdas
Materi Integrated Science aspek konten
Materi IPA Terintegrasi aspek konten)
Praktikum IPA
Laporan Kuliah Lapangan
Praktikum IPA
Praktikum IPA
Praktikum IPA
Integrasi keterampilan dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA
Petunjuk Praktikum Strategi dan Pembelajaran IPA
Integrated science witt local potencial
Materi Multiple representation in science
Scientific Literacy
Penetapan KKM
Model Pembelajaran Sinektik
PISA
Materi Pengajaran Mikro
Materi Metopen IPA
Materi Metopen IPA
Referensi IPBA dalam IPA
Referensi IPBA dalam IPA
referensi IPBA dalam IPA
Standar dalam IPA
Model Integrasidalam IPA
Standar IPA
referensi-3 kurikulum IPA
__Action_Research__Principles_and_Practice
1A PENGANTAR kuliah Kurikulum
2 DEFINISI KURIKULUM (3)
2_0_8_science-performance-at-international-benchmarks-infographic-grade-8 (1)
3_0_8_science-achievement-in-content-and-cognitive-domains-infographic-grade-8
10_0_8_science-student-engagement-and-attitudes-infographic-grade-8
2014_JCS
7 9596-inquiry and science standard
aristoteles_ed
Bidang Penelitian

.

PENGALAMAN PENELITIAN

Tahun

Judul Penelitian

Ketua/

anggota Tim

Sumber Dana

2003

Penggunaan Performance Assesment dalam Upaya Optimalisasi Keterampilan Proses Eksperimen dalam Praktikum Fisika Dasar I

Ketua

Fakultas (UNY)

2004

Desiminasi Model Direct Instruction dalam Melatihkan Penyusunan Task Analysis guna Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Menghadapi Kegiatan PPL di Sekolah

Ketua

Fakultas (UNY)

2004

Model Advanced Organizer Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas PBM Fisika Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta

Ketua

DIKTI

(CAR)

2004

Pemahaman dan Kemampuan Guru SD dalam PBI sebagai Bentuk Kesiapan Guru Menyongsong Berlakunya KBK di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Anggota

DIKTI

(Dosen Muda)

2004

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Media CD dalam Pembelajaran Fisika Astom di SMA N 1 Sleman Yogyakarta

Anggota

FMIPA, UNY

2004

Pemanfaatan Boraks dan Tawas sebagai Media Simulasi Pembentukan Stalaktit Tiruan

Ketua

FMIPA, UNY

2005

Diseminasi Perangkat Pembelajaran Sains (Fisika) SMU dengan Pendekatan CTL untuk Optimalisasi Pengembangan Life Skill

Ketua

DIKTI

(Dosen Muda)

2005

Perintisan Laboratorium Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Evaluasi Sains (LP3ES) sebagai Growth Center untuk Penguatan Sains di Sekolah Dasar dan Menegah

Ketua

UNY

(RBT)

 

2005

Diseminasi Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Metode Demonstrasi dan Eksperimen untuk Materi Usaha dan Energi di SMA N 1 Depok Yogyakarta

Ketua

Mandiri

2006

OptimlisasiPembelajaran Sains (Fisika) dengan pendekatan Bina Keterampilan Sains (Science Skill Builder) di SMP Negeri 2 Mlati

Ketua

Fakultas, UNY

2007

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD untuk materi Bumi dan Alam Semesta Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Konsep Plate Tectonic Theory

Anggota

Fakultas, UNY

2007

Penerapan ourdoor Activities dalam Pembelajaran Fisika di SMA N 2 Bantul Propinsi DIY Tahun 2006

Anggota

PMPTK

2007

Penerapan Perangkat Perkuliahan Inovatif untuk Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Mata Kuliah Fisika Dasar I

Ketua

URGE

UNY

2007

Deskripsi Hasil Analisis Standar Content dan Pedagogy IPA jenjang SMP Sebagai Dasar Pengembangan IPA Terintegrasi

Ketua

Mandiri

2008

The Development of Integrated Service Program for the Students of Physics Teacher Training as the effort in improving the Proffessionalsm in the Teaching Practice in Schools

Ketua

Dia Bermutu

UNY

2008

“Self Efficacy”Awal Mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNY untuk Menjadi Calon Guru IPA SMP

 

Ketua

Mandiri

2009

Kompetensi IPA Terintegrasi dengan Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S1 Pendidikan IPA

Ketua

Mandiri

2009

Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inkuiri bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA

Ketua

Mandiri

 

2010

Kompetensi IPA Terintegrasi dengan Pendekatan Inkuiri  Mahasiswa S1 Pendidikan IPA

Ketua

Mandiri

2010

Content and Pedagogy AnalysisIPA Terintegrasi Hasil pengembangan mahasiswa S1 pendidikan IPA

Ketua

Mandiri

2010

Ketercapaian Pedagogy-Content Knowledge Integrated Science Mahasiswa S1 pendidikan IPA Hasil Pengembangan Program IPA Terintegrasi

Ketua

DIKTI

(Hibah Disertasi)

2010

Integrated Science Competency Using Inquiry Approach of Science Education Undergraduate Students

Ketua

Mandiri

2011

Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan STM bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA

Ketua

Mandiri

2011

PengembanganAssessment of Practical Skills in Science and Technology Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Kelas Bilingual

Ketua

Fakultas,

UNY

2015 Evaluation of the Suitability of Acoustic Characteristics of Electronic Demung to the Original Demung
Anggota  
2015 Pengembangan SSP Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Anggota  
2015 Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Tematik untuk Menanamkan Kedisiplinan dan Kepedulian Siswa SD Kelas II Anggota  
2015 Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII Anggota  
2015 The Effectiveness of A Local Potentiality Based Learning Video About Distillation Clove Leaf Essential Oil to Improve Generic Skill Anggota  
2015 NOS (Nature of Science) Sebagai Pondasi Kokoh Untuk Membangun Mental Siswa Anggota  
2016 The Development of Scientific-Approach-Based Learning Instrument Intregated with Red Onion Farming Potency in Brebes Indonesia Anggota  
2016 The Effectiveness of Project-Based E-Learning to Improve ICT Literacy Anggota  
2016 Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains pada SMP SSN di Kabupaten Pati Anggota  
2016 Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Sets terhadap Cross Diciplinary Knowledge Peserta Didik Anggota  
2016 Pengembangan SSP Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan Anggota  
2016 Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyembpuranaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Anggota  
2016 Pengembangan Perangkat Berbasis Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Kejujuran, dan Tanggungjawab Anggota  
2016 Developing Integrated Science, Character and Literacy-Based Science Package Asscience Learning Model Anggota  
2017 Comprarative effectiveness of sicence integrated learning local potential of essential oil clove leaves in improving science generic skills Anggota  
2017 The Effect of Science Learning Intregated with Local Potential of Wood Carving and Pottery Toward the Junior High School Students' Critical Thinking Skills Anggota  
2017 The Development of Science Domain Based Learning Tool Which is Intregated with Local Wisdom to Improve Science Process Skill and Scientific Attitude Anggota  
2017 The Effect of Science Learning Based on An Integrated Scientific Approach to Local Potential On The Science Process Skill Of The Student Anggota  
2017 Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa SMP Anggota  
2017 Developing a Science Learning Device Based on Susan Loucks Model to Improve Scientific Literacy and Communitaction and Collaboration Skills Anggota  
2017 The Effectiveness of Science Domain-Based Science Learning Integrated with Local Potency Anggota  
2017 Science Learning Based on Local Potential : Overview of the Natur of Science (NoS) Achieved Ketua  
2017 Validity of "Hi_Science" as instructional media based-android refer to experiential learning model Anggota  
2017 The Effectiveness of Integrating Local Potential on Science Process Skills and Conceptual Understanding Anggota  
2017 Developing Comic-Based Busapaksa for Elemtary School Students Ketua  
2017 The Effect of Project Based Learning Model with Android on Scientific Literacy and Digital Equipedness/ICT Literacy Anggota  
2018 Pocket Book Based on Comic to improve conceptual understanding of child sex abuse (CSA): A case Study of Elmentery of Elementry School Anggota  
2018 Developing Physics E-Scaffolding teaching media to increase the elevebthgrade Students' Problem Solving Ability and Scientific Attitude Anggota  
2018 Elaborating Indigenous Science in the Science Curriculum Anggota  
2018 The Development of Science Student Worksheet Based on Education for Environmental Sustainable Sevelopment to Enhance Scientific Literacy Anggota  
2018 Using Video Integrated with Local Potentiality to Improve Students' Concept Mastery in Natural Science Learning Anggota  
2018 Developing Web-Students' Worksheet Based On Inquiry Training For Increase Science Literacy Anggota  
2018 Web Module with Image and Mathematical Representation as a Form of Optimization Ability of Creative Thinking and Conceptual Understanding Anggota  
2018 Elaborating Indigenous in the Science Curriculum for the Cultural Sustainability Anggota  
2018 Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil belajar Peserta Didik Anggota  
2018 Building an indigeneous Learning Community through lesson study: challenges of secondary school science teachers Anggota  
2019 Next Generation Science Standart in Science Learning to Improve Student's Practice Skill Anggota  
2019 Web-lembar kerja Peserta Didik IPA terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik Anggota  
2019 Development of Living Values (Honesty) Assesment Intrument in Learning Process Anggota  
2019 Analysis of Student Critical Thinking Skills Using Partial Credit Models (PCM) in Physics Learning Anggota  
2019 The Application Group Investigation (GI) Learning Model Assisted PhEt Anggota  
2019 The Effectiveness of Education for Environmental Sustainable Development to Enhance Environmental Literacy in Science Education: a Case Study of Hydropower Ketua  

 

File Bidang Penelitian :
Jurnal Prima Edukasia Vo.3, No.1 Tahun 2015 (1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe)
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 (2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index)
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No. 2 Desember 2015 (3. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/index)
IJST Vol 8 (57) April 2015 (4. http://www.indjst.org/index.php/indjst/article/view/64718)
JPII 5(1) Tahun 2016 (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii)
JPII 5 (1)(http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii)
Prima Edukasia 4(1) januari 2016 (6. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe)
JIPI Vo 2 No 1 April 2016 (7. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi)
USEJ 5 (1) 2016 (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej)
Jurnal Pendidikan Karakter No 1, April 2016. https://www.neliti.com/journals/jurnal-pendidikan-karakter
JPII 6 (1) (2017) 23-31. DOI: 10.15294/jpii.v6i1.7205. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii
International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) (2017) Volume 36, No 7, pp 190-205 .11. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th. XXXVI, No. 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/issue/view/1379
JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 1, Nomor 2, November 2017,13. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9429 Halaman 214-226.
JPII 6 (1) (2017) 103-109. DOI: 10.15294/jpii.v6i1.9598. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii
USEJ 6 (2) (2017). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 109 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017).17. https://eric.ed.gov/?id=EJ1144754.
INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION 2017, VOL. 11, NO. 8, 1817-1827.http://www.ijese.net/makale_indir/1944
Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 109 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). ttps://www.atlantis-press.com/proceedings/aecon-17/25884262
INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION 2017, VOL. 12, NO. 4, 729-745 .18. http://www.ijese.net/makale_indir/1944
International Journal of Instruction e-ISSN October 2018 ●.http://www.e-iji.net/volumes/352-october-2018,-volume-11,
Universal Journal of Educational Research 6(6): 1339-1347, 2018 . DOI: 10.13189/ujer.2018.060625 . https://eric.ed.gov/?id=EJ1181207
The International Journal of Learner Diversity and Identities Volume 25, Issue 3-4, 2018, http://thelearner.com. 22. https://www.researchgate.net/publication/328794293_Elaborating_Indigenous_Science_in_the_Science_Curriculum
Journal of Physics: Conference Series. http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012005
Journal of Physics: Conference Series. http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012001. 1234567890 ‘’“” IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097 (2018) 012001 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012001
Journal of Physics: Conference Series. 1234567890 ‘’“” IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097 (2018) 012021 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012021
IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097 (2018) 012027 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012027.
International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) (2017) Volume 36, No 4, pp 175-184
JPPI, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Hal. 147-165 e-ISSN 2477-2038. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4038/pdf_45 .
The 4th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (4th ICRIEMS) AIP Conf. Proc. 1868, 080007-1–080007-10; doi: 10.1063/1.4995191 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-1548-5/$30.00
1234567890 ‘’“” IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1097 (2018) 012016 doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012016
International Journal of Instruction January 2019 ● Vol.12, No.1 e-ISSN: 1308-1470 ● www.e-iji.net
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4038. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA,Vol. 4, No. 2, 2018, p. 89-104
International Journal of Science Education, INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1548789.
Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 178 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE 2018)
Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 267 5th Asia-Pacific Education Conference (AECON 2018)
International Journal of Educational Research Review,4 (2), 254-26
International Journal of Educational Research Review,4(2), 245-253.
JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 2, Nomor 2, November 2018, Halaman 302-319
Journal of Teacher Education for Sustainability, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018
Makalah sebagai pembicara di SEMNAS Pendidikan IPA Tahun 2015
Makalah Keynote speakers di ICRIEMS ke 6 tahun 2019
Makalah sebagai keynote dalam SEMNAS Jurdik Fisika di Universitas Lambungmangkurat kalsel
Setiyadi_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012049 (1)
3 5574-50355-1-PB (2)
4 Rahim_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012040
5 1024331-ijere518068-634645
6 Viana_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012033
7 Sari_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012052
8 Sari_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012030
9 3647-11190-5-PB
10 Mutammimah_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012053
11 Rahmat_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012093
12 Hastuti_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012101
13 Hilalliati_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012050
14 Lazuardini_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012029
15 ICoIE046 (1)
16 Nursuhud_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012056
17 Dasilva_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012044
18 Alandia_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012048
20 Wulandari_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012043
21 Dewanti_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012070
22 Ramadhan_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012057
23 Oktavia_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012055
24 Ardiyati_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012035
25 Ferty_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012062
26 Afriani_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012041
27 ICERI2018-64_Wulan_Ambar_Pratiwi
28 Apriliasari_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012059
29 Zahro_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012058
30 Utami_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012066
31 Darma_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012042
32 Eveline_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012036
33 Handayani_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012069
33 Handayani_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012069
34 Nurmayanti_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012047
35 Maulana_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012060
36 Barra_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012046
37 Ratnaningtyas_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012054
38 Haroky_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012045
39 Nikmah_2019_J_Phys__Conf_Ser_1233_012051
40 Naqiyah_2019_J_Phys__Conf_Ser_1227_012031
C1 eksternal_Insih Wilujeng
C2 wksternal_Insih Wilujeng
C3 Eksternal_Insih Wilujeng
C4 Eksternal_Insih Wilujeng
C5 Eksternal_Insih Wilujeng
C6 Eksternal_Insih Wilujeng
C7 Eksternal_Insih Wilujeng
C8 Eksternal_Insih Wilujeng
C9 Eksternal_Insih Wilujeng
C10 Eksternal_Insih Wilujeng
C11 Eksternal_Insih Wilujeng
C12 Eksternal_Insih Wilujeng
C13 Eksternal_Insih Wilujeng
C15 Eksternal_Insih Wilujeng
C16 Eksternal_Insih Wilujeng
C17 Eksternal_Insih Wilujeng
C18 Eksternal_Insih Wilujeng
C19 Eksternal_Insih Wilujeng
C20 Eksternal_Insih Wilujeng
C21 Eksternal_Insih Wilujeng
C22 Eksternal_Insih Wilujeng
C23 Eksternal_Insih Wilujeng
C25 Eksternal_Insih Wilujeng
C26 Eksternal_Insih Wilujeng
C27 Eksternal_Insih Wilujeng
C28 Eksternal_Insih Wilujeng
C29 Eksternal_Insih Wilujeng
C30 Eksternal_Insih Wilujeng
C31 Eksternal_Insih Wilujeng
C32 Eksternal_Insih Wilujeng
C33 Eksternal_Insih Wilujeng
C34 Eksternal_Insih Wilujeng
C35 Eksternal_Insih Wilujeng
C37 Eksternal_Insih Wilujeng
C38 Eksternal_Insih Wilujeng
C39 Eksternal_Insih Wilujeng
C40 Eksternal_Insih Wilujeng
C41 Eksternal_Insih Wilujeng
C42 Eksternal_Insih Wilujeng
C43 Eksternal_Insih Wilujeng
C44 Eksternal_Insih Wilujeng
C45 Eksternal_Insih Wilujeng
8 Artikel Seminar UNNES 2018
Artikel 2
Artikel ke 1
Artikel ke 2
Artikel ke 3
Artikel ke 4
Artikel ke 5
Artikel ke 8
Artikel ke 9
Artikel ke 10
Artikel ke 11
Artikel ke 12
Artikel ke 13
Artikel ke 14
Artikel ke 15
Artikel ke 6
Artikel ke 7
Artikel ke 16
Artikel ke 17
Artikel ke 18
Artikel ke 19
Artikel ke 20
Artikel ke 21
Artikel ke 22
Artikel ke 23
Artikel ke 24
Artikel ke 25
Artikel ke 26
Artikel ke 27
Artikel ke 28
Artikel ke 29
Artikel ke 31
Artikel ke 32
Artikel ke 33
Artikel ke 35
Artikel ke 36
Artikel ke 37
Artikel ke 38
Artikel ke 39
Artikel ke 40
Artikel ke 41
Artikel ke 42
Artikel ke 43
Artikel ke 44
Artikel ke 45
Asli Artikel ke 1
Asli Artikel ke 2
Asli Artikel ke 3
Asli Artikel ke 4
Asli Artikel ke 5
Asli Artikel ke 6
Asli Artikel ke 7
Asli Artikel ke 8
Asli Artikel ke 9
Asli Artikel ke 10
Asli Artikel ke 11
Asli Artikel ke 12
Asli Artikel ke 13
Asli Artikel ke 14
Asli Artikel ke 15
Asli Artikel ke 16
Asli Artikel ke 17
Asli Artikel ke 18
Asli Artikel ke 19
Asli Artikel ke 20
Asli Artikel ke 21
Asli Artikel ke 22
Asli Artikel ke 23
Asli Artikel ke 24
Asli Artikel ke 25
Asli Artikel ke 26
Asli Artikel ke 27
Asli Artikel ke 28
Asli Artikel ke 29
Asli Artikel ke 30
Asli Artikel ke 31
Asli Artikel ke 32
Asli Artikel ke 33
Asli Artikel ke 35
Asli Artikel ke 36
Asli Artikel ke 37
Asli Artikel ke 38
Asli Artikel ke 39
Asli Artikel ke 40
Asli Artikel ke 41
Asli Artikel ke 42
Asli Artikel ke 43
Asli Artikel ke 44
Asli Artikel ke 45
Buku IPA Terintegrasi & Pembelajaran
Buku Pranata Mangsa dalam Tinjauan Sains
Review Buku IPA Terintegrasi & Pembelajaran
Review Buku Pranata Mangsa dalam Tinjauan Sains
hasil turnitin Artikel ke 5
BUKU PRANOTOMONGSO
Review Eksternal C14
Review Eksternal C24
Review Eksternal C32
1) EU-JER_9_2_765 (Pak Anip)
Bidang Pengabdian

.

KEGIATAN PROFESIONAL/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Tahun

Jenis/Nama Kegiatan

Tempat

2004

Pengembangan LKS Eksperimen IPA SD di SD Prawirotaman Yogyakarta Sebagai Salah Satu Upaya Persiapan Berlakunya Kurikulum Berbasis Kompetensi

SDN Prawirotaman Yogyakarta

2004

Pelatihan Penyusunan Perangkat Percobaan IPA Guna Menyongsong Pelaksanaan KBK untuk Guru-guru SD Cokrokusuman Yogyakarta

SDN Cokrokusuman Yogyakarta

2004

Pelatihan Pembelajaran Kreatif Bidang Studi Fisika

Kantor Pendidikan dan pelatihan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta

2005

Kegiatan-kegiatan pembelajaran Sains (Fisika)

Kasihan Bantul Yogyakarta

2005

Hakikat IPA, CTL, KBK dan Perangkat Percobaan Kalor

SD-SD di Yogyakarta

2006

Pendidikan dan Pelatihan tentang Kesadaran Awal Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah dasar Daerah Istimewa Yogyakarta

SDN Keputran IV Yogyakarta

2006

Pelatihan dan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru-guru Fisika di SMP N 2 Mlati Sleman Yogyakarta

SMP N 2 Mlati Sleman Yogyakarta

2006

Diseminasi Strategi Do-Talk-Do untuk Optimalisasi Pembelajaran IPA SD di SD Muhammadiyah se Ranting Dinas Pendidikan kalasan Sleman Yogyakarta

SD-SD Se Ranting Dinas Pendidikan Kecamatan Kalasan

2006

Penelitian Tindakan Kelas

SMP N 4 Wates

2006

Sosialisasi Model Pelatihan Lesson Study untuk peningkatan Kualitas Pembelajaran bidang IPA SD di Kabupaten Bantul

Kantor Kementrian Pendidikan Kabupaten Bantul

2008

Sistem Pembinan Guru Melalui Lesson Study

SMP N 2 Mlati

2008

Model Pembinaan Astronomi di Sekolah

Perpustakaan Fisika

2009

Teknologi Pembelajaran: Model-model Pembelajaran Efektif dan

Youth Center

Sleman

Tahun

Jenis/Nama Kegiatan

Tempat

 

Inovatif dalam mata pelajaran Sains (Fisika)

 

2009

Model Pembelajaran IPA dan Pengelolaan Laboratorium IPA

MA Mu’alimin Yogyakarta

2009

Bimtek Model Pembelajaran IPA Terpadu

Hotel Parama, Jln Raya Puncak KM 22 Cisarua Bogor  dan di Hotel Saphir Jln. Adi Sucipto No. 38, Yogyakarta

2010

Bimtek Model Pembelajaran IPA Terpadu

Hotel Purnam, Cipayung Jln. Raya Puncak KM 75, No. 220 Cipayung, Bogor dan Hotel Country  Heritage, Jln Ngiden Inten Utara, Surabaya.

 

File Bidang Pengabdian :
MANAJEMEN PERAWATAN PREVENTIF SARANA PENDUKUNG: INSTALASI AIR BERSIH, SANITASI DAN LIMBAH
Bedah kisi kisi UjiKompetensi Guru IPA di Kabupaten Bantul
Bedah kisi-kisi Uji Kompetensi Guru aspek profesional di SMPN 1 Pandak Bantul
Peningkatan profesionalisme guru melalui penelitian dan publikasi ilmiah
Makalah PPM
MGMP Sleman
MGMP Muhammadiyah Sleman
Makalah
S1 pendidikan IPA Universitas Bengkulu
Materi Kuliah Umum
Universitas Peradaban Bumiayu
RESEACH AND DEVELOPMENT
mahasiswa S1 pendidikan IPA Universitas Lambungmangkurat Kalsel
MAKALAH UN (1 Juni 2015)
Seminar Nasional Pendidikan IPA tahun 2015
Mahasiswa S1 Pendidikan IPA Universitas Sarjana Tamansiswa
Kurikulum KKNI dan RI 4.0
Guru guru SMA dan SMK Propinsi DIY
Guru guru di SMP N Ngemplak (dalam rangka KKN PPL mahasiswa S1 pendidikan IPA)
Mahasiswa S1 PGSD Universitas Peradaban Bumiayu, Brebes
Mahasiswa S1 PGSD Universitas Peradaban Bumiayu, Brebe
MGMP Kabupaten Sleman
MGMP Kabupaten Sleman
Materi Supermasi tahun 2019
Lain-lain

 

JABATAN DALAM PENGELOLAAN INSTITUSI

Peran/Jabatan

Institusi

(Univ,Fak,Jurusan,Lab,studio, Manajemen Sistem Informasi Akademik dll)

Tahun ... s.d.

Seksi Konsumsi Panitia Dies Natalis ke 38 UNY

Fakultas

 

2002

Bendahara II Ikatan Alumni UNY

UNY

2003

Koordinator Pengajaran Mikro Fisika

UNY

2003-2007

Seksi Akademik

Panitia Sharing of Experiences hasil Piloting

Fakultas

2004

Seksi Kegiatan Piloting panitia Sharing of Experiences Piloting dan On service Teacher Training MGMP

Fakultas

2004

 

 

 

 

 

 

PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN

Tahun

Jenis /Nama Kegiatan

Peran

Tempat

2008

Liga Fisika III Tingkat SMA Se Jawa Bali

Juri

FMIPA, UNY

2011

Science Competition Fair(Lomba Guru IPA Idola)

Juri

FMIPA, UNY

2011

Pelatihan Penulisan Skrisi Bagi Mahasiswa Angkatan 2008 Prodi pendidikan IPA

Penyaji

FMIPA UNY

           

 

PENGHARGAAN/PIAGAM

Tahun

Bentuk Penghargaan

Pemberi

2 April 2005

Satyalancana Karya Satya

Presiden RI (Susilo Bambang Yudoyono)

 

ORGANISASI PROFESI/ILMIAH

Tahun

Jenis/ Nama Organisasi

Jabatan/jenjang keanggotaan

1994-sekarang

Himpunan Fisika Indonesia cabang Jateng-DIY

Anggota

 

File Lain-Lain :
PJR MANDIRI 2016 001
PJR SBMPTN 2015 001
PJR SBMPTN 2016 001
PJR SBMPTN 2018 001
PJR SELEKSI PASCA 2016 001
PJR UJIAN MANDIRI UNY 2018 001
REVIEW ARTIKEL HFI 2015 001
SATYA LENCANA 20 TAHUN 001
SELEKSI MANDIRI PPs 2016 001
SEMINAR IKA 2017 001
SEMNAS HASIL PENELITIAN DAN PPM UNY 2015 001
SUPERMASI 2015 001
SUPERMASI 2018 001
SUPERMASI 20116 001
sertifikat ijose_insih wilujeng
Dosen Berprestasi II tingkat UNY
Partisipasi dalam Forum Pimpinan Pascarjana LPTK se Indonesia 2015 di bandung
partisipasi dalam Forum Pimpinan Pascasarjana di Padang tahun 2018
Partisipasi dalam Pelatihan Indexing Jurnal
Pendamping kegiatan Student Exchange di UM Malaysia 2016
Penelaah Buku IPA Terpadu dari Penerbit Yudistira
Penyelia Pusat UP dan UKIN PPG 2018
SERTIFIKAT REVIWER JURNAL
SSertifikatAsesor-1137-a52d7653128c9efefa89579292be1605
Hak Cipta 2016-1 001
Hak Cipta 2016-2 001
Hak Cipta 2016-3 001
Hak Cipta 2016-4 001
hak cipta 2016-5 001
Hak Cipta 2016-6 001
hak cipta 2017-2 001
Hak Cipta 2017-3 001
Hak Cipta 2017-4 001
Hak Cipta 2017-5 001
Haki 2017-1 001
sertifikat_EC00201811799_Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Gerabah dan Mebel
sertifikat_EC00201811800_Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)
sertifikat_EC00201811801_Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Destilasi Minyak Atsiri Daun Cengkeh
sertifikat_EC00201813536
sertifikat_EC00201813537
sertifikat_EC00201856424_pranata mangsa
sertifikat_EC00201933482- TPCK
sertifikat_EC00201933487- e learning