PENGALAMAN PENELITIAN
|
Tahun
|
Judul Penelitian
|
Ketua/
anggota Tim
|
Sumber Dana
|
2003
|
Penggunaan Performance Assesment dalam Upaya Optimalisasi Keterampilan Proses Eksperimen dalam Praktikum Fisika Dasar I
|
Ketua
|
Fakultas (UNY)
|
2004
|
Desiminasi Model Direct Instruction dalam Melatihkan Penyusunan Task Analysis guna Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Menghadapi Kegiatan PPL di Sekolah
|
Ketua
|
Fakultas (UNY)
|
2004
|
Model Advanced Organizer Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas PBM Fisika Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta
|
Ketua
|
DIKTI
(CAR)
|
2004
|
Pemahaman dan Kemampuan Guru SD dalam PBI sebagai Bentuk Kesiapan Guru Menyongsong Berlakunya KBK di Kabupaten Sleman Yogyakarta
|
Anggota
|
DIKTI
(Dosen Muda)
|
2004
|
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Optimalisasi Media CD dalam Pembelajaran Fisika Astom di SMA N 1 Sleman Yogyakarta
|
Anggota
|
FMIPA, UNY
|
2004
|
Pemanfaatan Boraks dan Tawas sebagai Media Simulasi Pembentukan Stalaktit Tiruan
|
Ketua
|
FMIPA, UNY
|
2005
|
Diseminasi Perangkat Pembelajaran Sains (Fisika) SMU dengan Pendekatan CTL untuk Optimalisasi Pengembangan Life Skill
|
Ketua
|
DIKTI
(Dosen Muda)
|
2005
|
Perintisan Laboratorium Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Evaluasi Sains (LP3ES) sebagai Growth Center untuk Penguatan Sains di Sekolah Dasar dan Menegah
|
Ketua
|
UNY
(RBT)
|
2005
|
Diseminasi Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Metode Demonstrasi dan Eksperimen untuk Materi Usaha dan Energi di SMA N 1 Depok Yogyakarta
|
Ketua
|
Mandiri
|
2006
|
OptimlisasiPembelajaran Sains (Fisika) dengan pendekatan Bina Keterampilan Sains (Science Skill Builder) di SMP Negeri 2 Mlati
|
Ketua
|
Fakultas, UNY
|
2007
|
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD untuk materi Bumi dan Alam Semesta Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Konsep Plate Tectonic Theory
|
Anggota
|
Fakultas, UNY
|
2007
|
Penerapan ourdoor Activities dalam Pembelajaran Fisika di SMA N 2 Bantul Propinsi DIY Tahun 2006
|
Anggota
|
PMPTK
|
2007
|
Penerapan Perangkat Perkuliahan Inovatif untuk Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Mata Kuliah Fisika Dasar I
|
Ketua
|
URGE
UNY
|
2007
|
Deskripsi Hasil Analisis Standar Content dan Pedagogy IPA jenjang SMP Sebagai Dasar Pengembangan IPA Terintegrasi
|
Ketua
|
Mandiri
|
2008
|
The Development of Integrated Service Program for the Students of Physics Teacher Training as the effort in improving the Proffessionalsm in the Teaching Practice in Schools
|
Ketua
|
Dia Bermutu
UNY
|
2008
|
“Self Efficacy”Awal Mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNY untuk Menjadi Calon Guru IPA SMP
|
Ketua
|
Mandiri
|
2009
|
Kompetensi IPA Terintegrasi dengan Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S1 Pendidikan IPA
|
Ketua
|
Mandiri
|
2009
|
Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inkuiri bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA
|
Ketua
|
Mandiri
|
2010
|
Kompetensi IPA Terintegrasi dengan Pendekatan Inkuiri Mahasiswa S1 Pendidikan IPA
|
Ketua
|
Mandiri
|
2010
|
Content and Pedagogy AnalysisIPA Terintegrasi Hasil pengembangan mahasiswa S1 pendidikan IPA
|
Ketua
|
Mandiri
|
2010
|
Ketercapaian Pedagogy-Content Knowledge Integrated Science Mahasiswa S1 pendidikan IPA Hasil Pengembangan Program IPA Terintegrasi
|
Ketua
|
DIKTI
(Hibah Disertasi)
|
2010
|
Integrated Science Competency Using Inquiry Approach of Science Education Undergraduate Students
|
Ketua
|
Mandiri
|
2011
|
Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan STM bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA
|
Ketua
|
Mandiri
|
2011
|
PengembanganAssessment of Practical Skills in Science and Technology Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Kelas Bilingual
|
Ketua
|
Fakultas,
UNY
|
2015 |
Evaluation of the Suitability of Acoustic Characteristics of Electronic Demung to the Original Demung
|
Anggota |
|
2015 |
Pengembangan SSP Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar |
Anggota |
|
2015 |
Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Tematik untuk Menanamkan Kedisiplinan dan Kepedulian Siswa SD Kelas II |
Anggota |
|
2015 |
Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII |
Anggota |
|
2015 |
The Effectiveness of A Local Potentiality Based Learning Video About Distillation Clove Leaf Essential Oil to Improve Generic Skill |
Anggota |
|
2015 |
NOS (Nature of Science) Sebagai Pondasi Kokoh Untuk Membangun Mental Siswa |
Anggota |
|
2016 |
The Development of Scientific-Approach-Based Learning Instrument Intregated with Red Onion Farming Potency in Brebes Indonesia |
Anggota |
|
2016 |
The Effectiveness of Project-Based E-Learning to Improve ICT Literacy |
Anggota |
|
2016 |
Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains pada SMP SSN di Kabupaten Pati |
Anggota |
|
2016 |
Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Sets terhadap Cross Diciplinary Knowledge Peserta Didik |
Anggota |
|
2016 |
Pengembangan SSP Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan |
Anggota |
|
2016 |
Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyembpuranaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 |
Anggota |
|
2016 |
Pengembangan Perangkat Berbasis Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Kejujuran, dan Tanggungjawab |
Anggota |
|
2016 |
Developing Integrated Science, Character and Literacy-Based Science Package Asscience Learning Model |
Anggota |
|
2017 |
Comprarative effectiveness of sicence integrated learning local potential of essential oil clove leaves in improving science generic skills |
Anggota |
|
2017 |
The Effect of Science Learning Intregated with Local Potential of Wood Carving and Pottery Toward the Junior High School Students' Critical Thinking Skills |
Anggota |
|
2017 |
The Development of Science Domain Based Learning Tool Which is Intregated with Local Wisdom to Improve Science Process Skill and Scientific Attitude |
Anggota |
|
2017 |
The Effect of Science Learning Based on An Integrated Scientific Approach to Local Potential On The Science Process Skill Of The Student |
Anggota |
|
2017 |
Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa SMP |
Anggota |
|
2017 |
Developing a Science Learning Device Based on Susan Loucks Model to Improve Scientific Literacy and Communitaction and Collaboration Skills |
Anggota |
|
2017 |
The Effectiveness of Science Domain-Based Science Learning Integrated with Local Potency |
Anggota |
|
2017 |
Science Learning Based on Local Potential : Overview of the Natur of Science (NoS) Achieved |
Ketua |
|
2017 |
Validity of "Hi_Science" as instructional media based-android refer to experiential learning model |
Anggota |
|
2017 |
The Effectiveness of Integrating Local Potential on Science Process Skills and Conceptual Understanding |
Anggota |
|
2017 |
Developing Comic-Based Busapaksa for Elemtary School Students |
Ketua |
|
2017 |
The Effect of Project Based Learning Model with Android on Scientific Literacy and Digital Equipedness/ICT Literacy |
Anggota |
|
2018 |
Pocket Book Based on Comic to improve conceptual understanding of child sex abuse (CSA): A case Study of Elmentery of Elementry School |
Anggota |
|
2018 |
Developing Physics E-Scaffolding teaching media to increase the elevebthgrade Students' Problem Solving Ability and Scientific Attitude |
Anggota |
|
2018 |
Elaborating Indigenous Science in the Science Curriculum |
Anggota |
|
2018 |
The Development of Science Student Worksheet Based on Education for Environmental Sustainable Sevelopment to Enhance Scientific Literacy |
Anggota |
|
2018 |
Using Video Integrated with Local Potentiality to Improve Students' Concept Mastery in Natural Science Learning |
Anggota |
|
2018 |
Developing Web-Students' Worksheet Based On Inquiry Training For Increase Science Literacy |
Anggota |
|
2018 |
Web Module with Image and Mathematical Representation as a Form of Optimization Ability of Creative Thinking and Conceptual Understanding |
Anggota |
|
2018 |
Elaborating Indigenous in the Science Curriculum for the Cultural Sustainability |
Anggota |
|
2018 |
Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil belajar Peserta Didik |
Anggota |
|
2018 |
Building an indigeneous Learning Community through lesson study: challenges of secondary school science teachers |
Anggota |
|
2019 |
Next Generation Science Standart in Science Learning to Improve Student's Practice Skill |
Anggota |
|
2019 |
Web-lembar kerja Peserta Didik IPA terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik |
Anggota |
|
2019 |
Development of Living Values (Honesty) Assesment Intrument in Learning Process |
Anggota |
|
2019 |
Analysis of Student Critical Thinking Skills Using Partial Credit Models (PCM) in Physics Learning |
Anggota |
|
2019 |
The Application Group Investigation (GI) Learning Model Assisted PhEt |
Anggota |
|
2019 |
The Effectiveness of Education for Environmental Sustainable Development to Enhance Environmental Literacy in Science Education: a Case Study of Hydropower |
Ketua |
|