Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, S.Pd., M.Pd.

Status : Tenaga Pendidik

Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, S.Pd., M.Pd. on Google Scholar

Identitas
NIP : 199008292019031013
NIDN : 0029089004
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Keahlian :

Keahlian: Pendidikan Teknik Sipil

Biodata Publikasi:

 


Riwayat Pendidikan :

RIWAYAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI

Tahun Lulus

Program Pendidikan (diploma, sarjana, magister, spesialis, doktor)

Perguruan Tinggi

Jurusan/Program Studi

2011

Diploma III Teknik Sipil

UNY

Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

2013

Sarjana Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

UNY

Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

2015

Magister  Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vokasi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

UNY

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

 


Unit Kerja
Fakultas Teknik
Jurusan :
Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Golongan / Pangkat :
III/b / Penata Muda Tingkat I
Jabatan :
Lektor
Contact
email : galeh@uny.ac.id
Blog :
Facebook :
Bidang Pendidikan

Riwayat Mata Kuliah yang Pernah dan Saat Ini masih Mengampu:

1. Manajemen Konstruksi (S1, DIII, dan DIV)

2. Perencanaan Biaya Konstruksi (S1 dan DIII)

3. Praktik Micro Teaching (S1)

4. Praktik Kerja Kayu I (S1 dan DIII)

5. Praktik Kerja Kayu II (S1 dan DIII)

6. Praktik Desain Furniture (S1)

7. Estimasi Biaya dan Penjadwalan Konstruksi (S1 dan DIV)

8. Praktikum Fisika Bangunan (S1 dan DIII)

9. Praktik Lapangan Terpadu (S1)

Bidang Penelitian

No.

Tahun

Judul Penelitian

Sumber

1

2015

Profil Kompetensi Prodi D3 Teknik Sipil yang Bekerja di Dunia Industri

UNY

2

2015

Model Edupreneurship Pelopor SMK Techno, Teacher, and Schoolpreneur (Tahun ke-1)

DIKTI

3

2016

Perbandingan Biaya Pekerjaan Dinding Pasangan Hebel dan Batu Bata di Kabupaten Sleman

UNY

4

2016

Pengembangan Manajemen Bengkel dan Laboratorium SMK di Provinsi DIY

UNY

5

2016

Model Edupreneurship Pelopor SMK Techno, Teacher, and Schoolpreneur (Tahun ke-2)

DIKTI

6

2016

Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Calon Guru melalui Integrasi Pembelajaran Mata Kuliah pada Mahasiswa UNY

DIKTI

7

2016

Analisis Kebijakan Link and Match SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kemdikbud

8

2017

Model Edupreneurship Pelopor SMK Techno, Teacher, and Schoolpreneur (Tahun ke-3)

DIKTI

9

2017

Model Pembentukan Kompetensi Lulusan Siswa SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

DIKTI

10

2017

Profil Kompetensi Siswa SMK Prakerin Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di DIY

UNY

11

2017

Pembelajaran Micro Teaching dengan Metode Drilluntuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Mahasiswa Pendididikan Teknik Sipil dan PerencanaanFakultas

 Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

UNY

12

2017

Model Pembelajaran Micro Teaching Berbasis VidUK (Video Unjuk Kerja)  untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Teori dan Praktik Mahasiswa Fakultas Teknik

Universitas Negeri Yogyakarta

UNY

13

2018

Aksesibilitas Tata Letak Lift Penumpang Gedung Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) FT Uny

UNY

14

2018

Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Praktik Kerja Kayu Berbasis Android

UNY

15

2018

Model Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Dunia Kerja

UNY

16

2019

Implementasi Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Konstruksi Bangunan (MPK BPKB) pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Kelompok Teknologi dan Rekayasa se-Kabupaten Sleman

UNY

   17    2019 Pengembangan Badan Layanan Umum Daerah di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Mendukung Efisiensi, Kemandirian dan Produktivitas DitSMK (Kemendikbud)
   18    2019 Survey on Skills Gap and Skills Development in Indonesia KICE (Korea Institute for Curriculum and Evaluation)
   19    2020 Model INAREAL (Integrasi Teknologi Augmented Reality) Pendukung Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 DRPM (RistekBRIN)
   20    2020 Analisis Konten Kurikulum Pendidikan Teknik  Sipil dan  Perencanaan terhadap Kompetensi Bidang Teknik Sipil dengan Pendekatan DACUM         UNY
   21    2021 Rancang Bangun Sistem C-BIM (Construction based Building Information Modelling) Berbasis IoT untuk Menghasilkan Perencanaan Gedung Berkelanjutan         UNY
   22    2021 Pengembangan Model VIRANTY-SMK (Virtual Reality from Industry for SMK) Pendukung Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 DRPM (RistekBRIN)

 

Bidang Pengabdian

No.

Tahun

Judul Pengabdian

Sumber

1

2015

Pelatihan Finishing Mebel Kayu untuk Guru-Guru

FT-UNY

2

2016

Pelatihan Kepala Bengkel dan Kepala Laboratorium Guru SMK

FT-UNY

3

2016

Penyelarasan Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Kerja

LPPM-UNY

4

2016

Pelatihan Finishing Kayu untuk Guru dan Siswa SMK Muhamaddiyah Pakem

FT-UNY

5

2016

Pelatihan Perhitungan Struktur Beton menggunakan SNI 03-2847

FT-UNY

6

2017

Pelatihan Perhitungan Beton Manual Berdasarkan SNI Terbaru

LPPM UNY

7

2017

Pelatihan Kepala Bengkel dan Kepala Laboratorium Guru SMK

FT-UNY

8

2018

Pembangunan Identitas Camping Ground Kawasan Desa Wisata Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah

FT-UNY

9

2019

Pembangunan Identitas Camping Ground Kawasan Desa Wisata Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah

FT-UNY

10

2019

Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

LPPM UNY

 

Lain-lain

Publikasi:

No.

Judul Artikel Ilmiah

Nama Jurnal

Tahun

1

Proceeding: Hubungan Kepemimpinan Guru terhadap Pengembangan Karakter Siswa di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta

Ilmu Sosial-Universitas Teknologi Yogyakarta

2014

2

Proceeding: Evaluasi Pemanfaatan Ruang Terbuka Universitas Negeri Yogyakarta menuju Sustainable of University

Program Pascasarjana ITS

2014

3

The Improvement of The Quality of Craft and Entrepreneurship Teaching Through Cooperative Learning by Technopreneur for SMK Method

ICTVET International Conference-UNJ

2015

4

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SMK melalui Metode CLTSMK

Jurnal Pendidikan Vokasi-PPs UNY

Vol 5, No 3 (2015): November. P313-324.

e-ISSN:

2015

5

The Framework of Edupreneurship Model Applied by Vocational Hingh Schools in Indonesia

Proceeding ETWC (Educational Technology World Conference)

ISBN: 978-602-74723-3-4. (2016).

2016

6

Determinan of Techno-Enterpreneurship in Vocational High School

Proceeding SMIC FEBUNS (Sebelas Maret International Conference)

2016

7

The Quality of Students Sosial Competency of Educational Experience Program in Vocational Secondary Schools

Proceeding ICVET (International on Vocational Education and Training)

ISSN: 2301-7147. (2016). P2-1 sd 2-6

2016

8

Konfigurasi Batang pada Perancangan Rangka Atap Bambu

Jurnal INERSIA UNY

Vol 12, No 2 (2016): DESEMBER. P173-183.

e-ISSN: 2528-388X

2016

9

Vocational High School Readiness in Facing the Asean Economic Community

Proceeding ICTVT (Published by Atlantis Press, vol. 102.p361-368).
 

2017

10

Development of Production Unit Model Based on Secondary High School Schoolprneneurship

Proceeding GC-TALE (terindeks Thomson Routers, vol 42. Kode 00110.p1-6)

e-ISSN: 2261-2424

2018

11

Aksesibilitas Tata Letak Elevator Penumpang Gedung Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) Fakultas Teknik UNY

Jurnal INERSIA UNY

Vol 14, No 1 (2018): MEI. P26-35.

e-ISSN: 2528-388X

2018

12

Penataan Sistem Jalur Pejalan Kaki di Universitas Negeri Yogyakarta

Jurnal INERSIA UNY

Vol 14, No 2 (2018): DESEMBER. P101-117.

e-ISSN: 2528-388X

2018

13

Uji Titik Nyala dan Titik Bakar Semarbut Aspal Tipe 4 Berdasarkan SNI 2433:2011

Jurnal INERSIA UNY

Vol 15, No 1 (2019): MEI.P62-73.

e-ISSN: 2528-388X

2019

14

Evaluasi Ketahanan Gempa Rumah Sederhana di Kelurahan RUM, Kota Tidore Kepulauan

Jurnal INERSIA UNY

Vol 15, No 2 (2019): DESEMBER.P1-9.

e-ISSN: 2528-388X

2019

15

Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY melalui Metode Drill Berbasis Komunikasi Verbal-Non Verbal

JPTS UNY

Vol 1, No 1 (2019):  NOVEMBER.P19-27.

e-ISSN: 2715-0437

2019

16

The Effect of PET Plastic Addition (Polyethylene Terephthalate) and Carbide Waste Filler for Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) on Marshall Characteristics

ICSI UNY                   (Published by IOP Scopus, code 366, 2019, p1-11)

2019

17

Basic Communication Skill Drill in Microteaching context to Improve the Teaching Skills of Civil Engineering and Planning Education Students, Faculty of Engineering, YSU

ICTVT UNY                   (Published by IOP Scopus, code 535, 2019, p1-5)

2019

18

The Effect of Beach Sands to Replacement of Fine Aggregate With Addition Filler of Ash Cane on the Asphalt Mixture on Marshall Characteristics

ICSI UNY                   (Published by IOP Scopus, Vol 1625, 2020, p1-6)

2020

19

The Profile Improvement of Vocational School Teachers Competencies

Journal Higher Education in Russia

(Scopus, Q2, issue 2-2020.p151-158)

e-ISSN: 2072-0459

2020

20

Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMKN 1 Purworejo

JPTS UNY

Vol 2, No 2 (2020):  NOVEMBER.P19-27.

e-ISSN: 2715-0437

2020

21

Markerless Augmented Reality in Construction Engineering Utilizing Extreme Programming

Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1737, No. 1, p. 012021). IOP Publishing. Scopus

2021

22

The Effectivenes of Technopreneurship with Cooperative Learning for Technopreneur in SMK (CLTSMK)

Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT)12(9), 1032-1040. Scopus

2021

23

The Effectiveness of Entrepreneurship Building Development in Wates Campus, Yogyakarta State University

IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 832, No. 1, p. 012029). IOP Publishing. Scopus.

2021

24

Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi bidang Perencana

JPTS UNY

Vol 4, No 1 (2022):  JUNI.P54-261

e-ISSN: 2715-0437

2022

25

Mapping the Utilization of Augmented Reality Media in Vocational Education in DIY using K-Means

Pensil UNJ

Vol 11, No 3 (2022):  September. P271-281

e-ISSN: 2623-1085

2022

26

Identification of subsidence hazard zone by integrating engineering geological mapping and electrical resistivity tomography in Gunung Kidul karst area, Indonesia

Journal of Degraded and Mining Lands Management9(2), 3281-3291.

Scopus Q3

2022

27

Development of Construction Engineering Teaching Course by Using VR-AR: A Case Study of Polytechnic in Indonesia

Journal of Interactive Mobile Technologies, 14, 93-106.

Scopus Q2

2022

28

Project-based learning at vocational schools: A case study of the implementation of entrepreneurship learning model

International Journal of Instruction, 16 (3), 283-306, Scopus Q2

2023

29

Empirical Study of Management of Vocational High School with Regional Public Services Agency in Indonesia

WSEAS Transactions on Business and Economics 20, 52-60, Scopus Q4

2023

30

The effectiveness of the industry competency certification program: Construction field overview

AIP Conference Proceedings 2590 (1), Publishing. Scopus.

2023

Buku dan Referensi:

No.

Judul Buku/Diktat

Tahun

Jumlah

Halaman

Penerbit

1

Praktik Kerja Kayu II

2016

136

FT UNY

2

Panduan Tata Kelola BLUD SMK Berbasis Good School Governance.
ISBN 9786025517525

2019

263

Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud

3

Pendidikan Vokasional Berbasis Kemitraan Publik dan Industri (Penulisan Bersama Tim Dosen FT UNY)
ISBN 9786024980580

2019

267

UNY Press

4

Pedoman Perencanaan dan Pemilihan Lokasi Sekolah

2020

126

DitSMP, Kemendikbud

8

Modul Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan

2021

176

UNY

9

Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bisnis Properti

2021

174

UNY

10

Pedoman Manajemen dan Pemeliharaan Aset Sekolah

2021

147

DitSMP, Kemendikbud

11

Strategi Implementasi SMK Berstatus Badan Layanan Umum Daerah

2021

212

UNY

12

Konstruksi Kayu untuk Sekolah Kejuruan

ISBN 978-623-5397-71-9

2022

202

UNY

13

Dasar-Dasar Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil

ISBN 978-623-194-353-8

2023

282

BSKAP, Kemdikbud