Status : Tenaga Pendidik
Dr. Risky Setiawan, S.Pd., M.Pd. on Google Scholar
1. S1- Pendidikan Sejarah : Universitas Negeri Semarang, Indonesia (2006-2009)
2. S2- Penelitian dan Evaluasi Pendidikan : Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia (2009-2011)
3. S3- Penelitian dan Evaluasi Pendidikan : Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia (2012-2016)
Mengajar Mata Kuliah Blended Learning:
1. Mengajar Teori Test Klasik Prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2018/2019)
http://besmart.uny.ac.id/v2/enrol/index.php?id=2876
2. Mengajar Manajemen Pengujian Prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2018/2019)
http://besmart.uny.ac.id/v2/enrol/index.php?id=2854
3. Mengajar Sejarah Asia Tenggara Prodi S1 Pendidikan Sejarah (2019/2020)
http://besmart.uny.ac.id/v2/enrol/index.php?id=3895
4. Mengajar Psikologi Pendidikan Prodi S1 Pendidikan Sejarah (2019/2020)
http://besmart.uny.ac.id/v2/enrol/index.php?id=3907
5. Mengajar Evaluasi Kebijakan Pendidikan Prodi S2 Pendidikan Sejarah (2019/2020)
http://besmart.uny.ac.id/v2/enrol/index.php?id=4359
Membimbing Tugas Akhir (Tesis) :
1. Nurhasanah : NIM 19718251009 (Pendidikan Sejarah S2)
2. Mufi Fathuroh : NIM 19718251016 (Pendidikan Sejarah S2)
3. Toni Julianto : NIM 19718251034 (Pendidikan Sejarah S2)
4. Nur Fadhila Indomanan : NIM 19718251028 (Pendidikan Sejarah S2)
Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir
No
Tahun
Judul Penelitian
Pendanaan
Sumber
Jml
(Juta Rp)
1
2012
Analisis Korelasi antara Kecerdasan Spiritual
dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di Semarang
UP3M IKIP Veteran Semarang
5
2
2013
Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Profesionalitas Guru PAUD di Semarang
3
Karakteristik Penyetaraan Skor (equating)
untuk Data Polytomus
4
2014
Analisis dan Simulasi dengan Program win-gen (Strategi dalam Mengkonstruk Instrumen Soal)
2015
Kontruk Instrumen Penilaian Kreativitas Guru PAUD di Kabupaten Semarang menggunakan Analisis Konfirmatori
6
2016
Pengembangan Asesmen Berpikir Kreatif Guru Taman Kanak-Kanak
Hibah Kemenristek DIKTI
47
7
2017
Mengukur Kemampuan Divergen Guru PAUD di Kota Semarang Dengan Program Parscale
17,5
8
2019
Pengembangan Kurikulum Kreatif Berbasis Multiple Intelligences pada Taman Kanak-Kanak di Yogyakarta
DIPA Pascasarjana UNY
20
9
Inovasi Blended Learning pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik di Pascasarjana UNY
10
Evaluasi Program Indonesia Pintar di SMK
Dirjen PSMK Kemdikbud
200
11
Model Penyelarasan SMK dengan Industri berbasis Keunggulan Wilayah SMK di Indonesia
150
12
Model Evaluasi Calon Guru di Era Revolusi Industri 4.0
Konsorsium/Penugasan DRPM DIKTI
525
13
2020
Evaluation of elementary school students ' character assessment
in learning in Indonesia and Malaysia
Penelitian Kerjasama Internasional
DIPA UNY
50
14
Propotipe Media Pembelajaran Historical Interactive Virtual Reality
Prototype Industri DIPA UNY
75
15
Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA Teladan 1 Yogyakarta
Research Group
DIPA FIS
18
16
Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Historia Adventure Di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sejarah Kerajaan Hindu-Buddha Di Smk
PUPT DIPA UNY
Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Selama 5 Tahun Terakhir
Judul Artikel Ilmiah
Nama Jurnal
Volume/
Nomor/ Tahun
1.
Jurnal Pawiyatan IKIP Veteran Semarang
Vol .2/No.1/
April 2011
2.
Vol .2/No.2/
April 2012
3.
April 2013
4.
Construct of Creative Thinking Assessment on Divergent and Convergent Ability
International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education
(DOAJ, Ebsco)
Volume 2
Issue 4
5.
The Influence of Income, Experience, and Academic Qualification on the Early Chilhood Education Teachers’ Creativity in Semarang, Indonesia
International Journal of Instruction (SCOPUS)
Volume 10 Number 4
Oct 2017
6.
A comparison of score equating conducted using Haebara and Stocking Lord method for polytomous data in national examination of Indonesia
European Journal Educational Research
(SCOPUS)
Oct 2019
7.
Uji Komparasi antara Kegiatan Menulis Angka dan Membuat Kalender dalam Pengenalan Konsep Angka di Kelompok B TK Dharma Wanita Kendal, Jawa Tengah.
Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE)
Vol.1 No.1 Maret 2018
8.
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Dengan Metode Bermain Rangkai Pipa Pada Kelompok A Di TK IT Raudlatul Muhsinin Dempel Kidul Semarang Tahun Ajaran 2017 – 2018.
Vol.1 No.2 November 2018
9.
Efektivitas Blended Learning Dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (Sinta 2)
Oktober 2019
10.
Developing of Computerized Adaptive Testing to Measure Physics Higher Order Thinking Skills of Senior High School Students and its Feasibility of Use
Jan 2020
11.
Multiple Intelligences-based Creative Curriculum: The Best Practice
April 2020
Judul Pengabdian Kepada Masyarakat
Jml (JutaRp)
Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD melaui PTK di Kabupaten Jepara
Mengenal Tumbuh Kembang dan Emosi Anak Usia Dini di Kec. Mranggen Kab. Demak
Penyusunan Instrumen Asasmen untuk Anak Usia Dini dan Penerapannya di Lapangan di Kab. Blora
Workshop Pengembangan Pendidikan Inklusi dan Pemerataan PAUD di BKD Kab. Demak
Pelatihan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Media bagi Guru Matematika Mts. Kecamatan Mranggen
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Guru PAUD di Kabupaten Magelang
2018
PKM Home Industri Jenang di Kabupaten Kudus
DRPM Ristekdikti
40
Pelatihan Penyusunan Soal HOTS secara Modern (IRT) Guru IPA di Kabupaten Sleman
Pelatihan dan Sosialisasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dalam Menghadapi COVID-19 di Condongcatur Sleman
DIPA Fakultas Ilmu Sosial
4,5
Pelatihan Online Penyusunan Soal Berbasis Online dengan Google Form Guru IPA di Kabupaten Sleman
DIPA PPM UNY
Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar
Waktu dan Tempat
Konferensi Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia Lampung
Asesmen Autentik untuk Menilai Kinerja Guru di DIY
Lampung, 30 Januari 2012
Konferensi Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia Yogyakarta
dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di Semarang di Yogyakarta
Yogyakarta, 12 Mei 2012
Seminar Nasional Pend Bahasa dan Sastra UNY
Mencetak Guru Profesional dan Berkompeten
Yogyakarta, 10 Oktober 2012
Konferensi Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia Manado
Manado, 21 September 2013
International Conference of Research Educational Association Mathematic and Science
The Construction of Asessmen Creative Preechild Teacher
Yogyakarta, 18 Mei 2014
International Conference of Education in Evaluation Research
Developing a creative thinking assessment model for
Kindergarten teachers
Yogyakarta, 29 May 2016
Seminar Nasional UPGRIS
Mengukur Kemampuan Divergent Thinking Guru PAUD di Semarang
25 Oktober 2017
G. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir
Judul Buku
Jumlah Halaman
Penerbit
“Penelitian Tindakan Kelas”
Buku Referensi diterbitkan Nasional
ISBN: 978-602-97578-6-6
164
Eduvision Publishing Cirebon
“Statistika Aplikatif dilengkapi dengan Validitas dan Reliabilitas”
ISBN: 978-602-4715-7-2
247
Nuha Medika Yogyakarta
H. Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir
Judul /Tema HKI
jenis
Nomor P/ID
The Influence Of Income, Experience, And Academic Qualification On The Early Childhood Education Teachers’ Creativity In Semarang, Indonesia
Karya Ilmiah
000118797
A Comparison Of Score Equating Conducted Using Haebara And Stocking Lord Method For Polytomous Data n National Examination Of Indonesia
000121806
Asesmen Berpikir Kreatif Guru Taman Kanak Kanak
Modul
000118520
Penelitian Tindakan Kelas (Action Research): Teori Dan Praktik
Buku
000118627
Efektivitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0
pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik
Artikel Ilmiah
000154948
I. Pengalaman Merumuskan kebijakan publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 5 Tahun Terakhir
Judul /Tema/Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang Telah diterapkan
Penyelenggara
Tempat
Penyusun Modul Bahan Ajar berbasis Muatan Lokal guru PAUD Kota Semarang
Dinas Pendidikan Kota Semarang
Dinas Pendidikan Semarang
Penyusunan Pedoman RPL untuk Prodi PG-PAUD
Dirjen GTK PAUD dan DIKMAS
Hotel Atria CBD Serpong
Perumus dan Narasumber Pedoman RPL melalui Diklat Berjenjang PAUD
Aviary Hotel Tangerang
J. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari Pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Sertifikasi Pendidik (Dosen)
UNY
K. Pengalaman Profesi/Jabatan Struktural
No.
Nama Jabatan
Instansi
Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu
IKIP Veteran Jawa Tengah
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu
2014-2015
Wakil Rektor I Bidang Akademik
Universitas IVET Semarang
2016-2018
Redaksi Research and Evaluation in Education Journal
Pascasarjana dan HEPI Universitas Negeri Yogyakarta
2019 - sekarang
Redaksi Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta dan HEPI
Sekretaris Redaksi Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
HISPISI bekerjasama dengan Pascasarjana UNY
Anggota Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI)
Himpunan Profesi Evaluasi (Nasional)
2016 - sekarang
Pimpinan Redaksi J-SECE (Journal of Studies in Early Childhood Education)
Prodi PG-PAUD IKIP Veteran Jawa Tengah
2017-sekarang
Anggota TIM Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Yogyakarta
2020 - sekarang