Irfan Wahyu Prananto, S.Pd., M.Pd.

Status : Tenaga Pendidik

Irfan Wahyu Prananto, S.Pd., M.Pd. on Google Scholar

Identitas
NIP : 199001262019031023
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Keahlian :

Mathematics for Elementary School, Elementary School Math Learning


Riwayat Pendidikan :

SD Negeri Suwatu  (2001)

SMP Negeri 2 Tlogowungu (2004)

SMA Negeri 3 Pati/ IPA (2007)

S1: Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Semarang (2011)

S2: Pendidikan Dasar (PGSD), Universitas Negeri Semarang (2017)


Unit Kerja
Fakultas Ilmu Pendidikan
Jurusan :
Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar
Golongan / Pangkat :
III/b / Penata Muda Tingkat I
Jabatan :
Tenaga Pengajar
Contact
email :
Blog :
Facebook :
Bidang Pendidikan

Mata Kuliah yang diampu:

1. Konsep Dasar Matematika SD

2. Pendidikan Matematika SD

3. Pengembangan Pendidikan Matematika SD

4. Pengembangan Pembelajaran Tematik

5. Pendidikan Komparatif

Bidang Penelitian
  1. Research Group. 2020. Judul: “Analisis Buku Teks Matematika Meteri Pecahan Berdasarkan Gracin’s Five-Dimensional Framework” 
  2. Penelitian Kerjasama Internasional dengan Chulalongkorn University, Thailand. 2020. Judul: examining in-service teachers beliefs about educational research”
  3. Penelitian unggulan. 2020. Judul: “Pelaksanaan Program Kebijakan Distance Learning dimasa Pandemi Virus Covid-19 Pada Tingkat SD, Kota Yogyakarta”

 

Bidang Pengabdian
  1. PPM Kelompok Dosen FIP. 2020. Judul: “Pelatihan Pembuatan Permasalahan Higher Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru Sekolah Dasar”

 

Lain-lain

Prananto, I. W. (2018). Memoar Guru Mengajar: Tepatkah Kau Terlahir sebagai Guru? Sebuah Memoar Tentang Takdir. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Prananto, I. W. (2019). Keefektifan Panduan Guru Dengan Pendekatan Contextual Problem dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 25-30.

Hidayah, N. N., & Prananto, I. W. (2019). Efektifitas Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Prestasi Belajar Matematika. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 81-86.

Purnomo, Y. W., & Prananto, I. W. (2020). What is Needed and Prepared to Become a Mathematics Teacher?. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 95-102.