Dr. Drs. Supahar, M.Si.

Status : Tenaga Pendidik

Dr. Drs. Supahar, M.Si. on Google Scholar

Identitas
NIP : 196803151994121001
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Keahlian :

Pendidikan Fisika/Fisika Statistik

Penilaian dan evaluasi pembelajaran Fisika


Riwayat Pendidikan :

2.1

Program

S1

S2

S3

2.2

Nama PT

IKIP Yogyakarta

ITB

UNY

2.3

Bidang Ilmu

Pendidikan Fisika

Ilmu Fisika

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

2.4

Tahun Masuk

1987

1998

2010

2.5

Tahun Lulus

1992

2000

2014

2.6

Judul Skripsi/Tesis/Disertasi

Hubungan antara kemampuan verbal dan kemampuan numerik dengan hasil belajar Fisika Siswa SMA N 1 Wates, Kulonprogo, Yogyakarta

Faktor kompresibilitas gas kondensat menggunakan persamaan keadaan Soave-Redlich-Kwong

Penilaian kinerja kemampuan inquiry mata pelajaran Fisika siswa SMA di DIY

2.7

Nama Pembimbing/Promotor

Drs. Wahyu Wardjana, M.Pd.

Dr. Eng. Alamta Singarimbun

Tetuka Ariaji, Ph.D

Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.

Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.

 


CV
Unit Kerja
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :
Jurusan Pendidikan Fisika
Golongan / Pangkat :
III/d / Penata Tingkat I
Jabatan :
Lektor
Contact
email : pahar.fis@gmail.com , supahar@uny.ac.id
Blog :
Facebook : Supahar pahar
Bidang Pendidikan

Materi Kuliah Yang di ampu:

  1. Penilaian Kelas/S3
  2. Evaluasi Pembelajaran IPA   /S2/S3
  3. Evaluasi Pembelajaran Fisika/S2
  4. Penilaian Pencapaian Belajar Fisika/S1
  5. Statistika /S1/S2
  6. Teori dan Teknik Pengukuran /S1
  7. Fisika Statistik / S1
  8. Mekanika Statistik/S1
  9. Optika Geometri dan Fisis / S1
  10. Praktikum Fisika Inti/S1
  11. Thermodinamika/S1
  12. Metodologi Penelitian/S2
  13. Strategi Pembelajaran Fisika
  14. Penilaian Kelas/ S3
Bidang Penelitian

A. Penelitian

No.

Tahun

Jabatan

Judul

Skema

Sumber Dana

1

2015

Ketua Pengusul

Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Kuliah Thermodinamika Untuk menumbuhkan Learning Community

Penelitian Dasar

Pemerintah Dalam Negeri

2

2015

Ketua Pengusul

Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Hard Skill Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika SMA

Pengembangan Eksperimental

Pemerintah Dalam Negeri

3

2015

Anggota Pengusul

Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Aspek Kognitif Dan Afektif Pada Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Mata Pelajaran Fisika SMA

Pengembangan Eksperimental

Pemerintah Dalam Negeri

4

2016

Anggota Pengusul

Pembuatan Aplikasi Worked Example Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Fisika Peserta Didik SMA

Penelitian Terapan

Pemerintah Dalam Negeri

5

2016-2018

Ketua Pengusul

Pengembangan Authentic Assessment Dalam Mewujudkan Learning Outcomes Sesuai Dengan Nature Of Science (NOS) Siswa SMP

PTP/Hibah Pascasarjana Dikti

6.

2017

Anggota Pengusul

Pengukuran Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Fisika Peserta Didik SMA

Penelitian Terapan

Pemerintah Dalam Negeri

7

2018

Anggota Pengusul

Lesson Study Pengembangan Keterampilan Profesional Guru dalam Pembelajaran Praktikum Fisika Melalui Komunitas Inkuiri di SMA

Pengembangan Eksperimental

Pemerintah Dalam Negeri

8

2018

Anggota Pengusul

Pengembangan Assessment Kognitif dalam Format Worked Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA

Pengembangan Eksperimental

Pemerintah Dalam Negeri

9

2018

Anggota Pengusul

Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMS) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika SMA

PPS-PDD DIKTI

10

2019

Dosen Pembimbing

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Belogo Dan Lomba Dayung Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Fisika Siswa SMA Dalam Mewujudkan Learning Outcomes

PPS-PDD DIKTI

11

2019

Dosen Pembimbing

Pemanfaatan Indigenous Knowledge System Dalam Pengembangan Subject Specific Pedagogic (SSP) Fisika Untuk Meningkatkan New Literacy Dan Soft Security Di Sekolah Wilayah Tertinggal(Rural Schools)

PPS-PTM DIKTI

12

2019

Dosen Pembimbing

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Terbang Papat Dan Larung Sesaji Untuk Mewujudkan Kemampuan Representasi Fisika Siswa SMA Dalam Mewujudkan Nature of Sciences

PPS-PTM DIKTI

13

2019

Ketua Pengusul

Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Mobile Learning Untuk Mewujudkan Learning Outcomes Pembelajaran Fisika

PPS-PTM DIKTI

14

2019-2021

Ketua Pengusul

Model Pengembangan Laboratorium Berbasis Virtual Instrumen System (Labvis) Sebagai Media Pembelajaran Nature Of Science (Nos) Untuk Meningkatkan Literasi Data Dan Literasi Teknologi Menghadapi Era Disrupsi

PTUPT DIKTI

15

2020

Ketua Pengusul

Pengembangan aplikasi Test of diagnostik (TOD) pada materi optik secara online untuk mendeteksi kesulitan peserta didik SMA dalam merepresentasikan gambar dan simbol

PPS-PTM DIKTI

16

2020

Ketua Pengusul

Pengembangan Instrumen Physics Diagnostic Test for Mathematical and Verbal Representation Abilities (PhysDTRA-App) Secara Online Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi

PPS-PTM DIKTI

B. PUBLIKASI JOURNAL

No

Nama JuduL Jurnal

 

 

1

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Kajian komputasi Kuantisasi semiklasik Vibrasi

molekuler di bawah pengaruh potensial Lennard-Jones (Potensial 12-6)”, JPMS, 2004

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/supahar_JPMS%202004.pdf

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis: (Warsono,Supahar, dan Supardi)

 

2

Menghasilkan artikel dengan judul:” Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Matakuliah Fisika Kuantum I Berbasis Tutorial” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2005

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/21_Supahar.pdf

Sebagai penulis utama dari satu penulis : Supahar

3

Menghasilkan artikel dengan judul:” Persamaan Aliran Fluida fasa Tunggal pada media Porous”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2005

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/21_Supahar.pdf

Sebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

4

Menghasilkan artikel dengan judul:” Kajian Numerik Sifat Densitas Sistem hidrokarbon Gas Kondensat Berbasis Komposisi menggunakan Persamaan Soave-Redlch-Kwong (SRK-EOS) ” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2005

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/01.+Kajian+Numerik+Sifat+Densitas+...+(Supahar).pdf

Sebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

5

Menghasilkan artikel dengan judul:” Estimasi sifat fisika Viscositas Hidrokarbon Gas Kondensat berdasarkan perubahan tekanan dan temperatur reservoir ” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2006

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_prosiding%20MIPA%202006.pdfSebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

6

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam matakuliah fisika statistik”, JPMS, 2007

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_JPMS_2007.pdf

Sebagai penulis utama: (Supahar)

7

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Analisis Rangkaian Listrik”, CP 2008

Link: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8509/pdf

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis:

(Edi Istiyono,Supahar dan Pujianto)

8

Menghasilkan artikel dengan judul:” Implementasi Lesson Study Mata Pelajaran Ipa Berbasis Mgmp Sebagai Upaya Membangun Learning Community” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2009

Link: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/E_Pend_Fis_Supahar1.pdf

Sebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

9

Menghasilkan artikel dengan judul:” Menanamkan Keterampilan Proses Sains Ipa Pada Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Outdoor Activities Dalam Kegiatan Lesson Study Berbasis Sekolah (Lsbs)” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2010

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/2010_Outdoor+activities.pdf

Sebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

10

Menghasilkan artikel dengan judul:” Pengembangan Tes untuk menilai Kinerja Kemampuan Inquiri mata pelajaran fisika di SMA DIY ” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2013

Link: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_prosiding%20MIPA%202013.pdf

Sebagai penulis utama dari satu  penulis : Supahar

11

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Penilaian Kemampuan Inkuiri Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik SMA di DIY”, JPMS, 2014

Link:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/3890/3362

Sebagai penulis utama dari satu penulis:

(Supahar Supahar,)

12

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The Estimation Of Inquiry Performance Test Items Of High School Physics Subject With Quest Program”, Proceeding ICRIEMS-2014

Link: https://eprints.uny.ac.id/11485/1/16-supahar.pdf

Sebagai penulis utama dari satu penulis:

(Supahar Supahar)

13

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The Development Of A Set Of Instrument For Student Performance Assessment In The Physics Laboratory Work Subject Of Junior High School”, Proceeding ICERE-2014

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/supahar_ICERE%202014.pdf

Sebagai penulis utama dari satu penulis:

(Supahar Supahar)

14

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Penyusunan Laporan Praktikum Fisika SMP Berbasis Inkuiri”, JPMS, 2015

Link:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7232/6231

Sebagai penulis utama dari satu penulis:

(Supahar Supahar,)

 

15

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Applying Content Validity Ratios (CVR) To The Quantitative Content Validity Of Physics Learning Achievement Tests”, Proceeding ICRIEMS-2015

Link:https://eprints.uny.ac.id/24713/1/09_Supahar.pdf atau

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24713

Sebagai penulis utama dari satu penulis:

(Supahar Supahar)

16

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika SMA”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2015

Link:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4560/3918

Sebagai penulis utama dari dua penulis:

(Supahar, Zuhdan Kun Prasetyo)

17

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis STEM Untuk Keterampilan Teknologi Pada Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Sma”, Proceeding HEPI, 2015

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_HEPI%202015.pdf

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Ahmad Dahlan, Supahar)

18

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Development Of Stem-Based Performance Assessment In Physics Learning For Student‟S Creative Thinking Skill”, Proceeding ISSE, 2015

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_ISSE%202015%20.pdf

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Emanuel Nurcahyanto , Supahar)

19

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Analisis Aspek Kinerja Literasi Sains Pada Materi Kalor Fisika”, UPEJ, 2016

Link:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/12711

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Khoirul Bashooir , Supahar)

20

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Developing an Authentic Assessment Science Process Skills, Creative Thinking Skills and Manipulative Skills”, Proceeding ICERE-2016

Link:http://staffnew.uny.ac.id/upload/132107033/penelitian/Supahar_ICERE_2016.pdf

Sebagai penulis utama dari lima penulis:

(Supahar , Dadan Rosana , Zamzam F A , Ryani Andryani , Neviana Wijayanti )

21

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Developing an Authentic Assessment Science Process Skills, Critical Thinking Skills and ProblemSolving Skills”, Proceeding ICRIEMS-2016

Link:http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding/SE-06.pdf

Sebagai penulis kedua dari lima penulis:

(Dadan Rosana , Supahar , Deby Kurnia Dewi , Esmiyati, Vidya Putri Sukmasari)

22

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Validity of evaluation instrument on the implementation of performance assessment to measure science process skills”, JIPI, 2017

Link:https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/12711

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis:

(Marina Ramadani, Supahar Supahar, Dadan Rosana)

23

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The Instrument for Assessing the Performance of Science Process Skills Based on Nature of Science (NOS) ”, CP 2017

Link: https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/14731/pdf

Sebagai penulis pertama dari empat penulis:

(Supahar, Dadan Rosana, Marina Ramadani, Deby Kurnia Dewi)

24

Menghasilkan artikel dengan judul: “Development of the evaluation instrument use CIPP on the implementation of project assessment topic optik, AIP 2017

Link: https://aip.scitation.org/doi/pdf/10.1063/1.4995190

https://doi.org/10.1063/1.4995190

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis

(Jati Aurum AsfarohDadan Rosana and Supahar)

25

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Pengaruh Medan Magnetik Eksternal Pada Tabung Gas Hidrogen Terhadap Spektrum Emisi Pada Efek Zeeman”, JIFP, 2017

Link:http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1628/1744

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Didik Setyawarno, Supahar)

26

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The Development of CIPP Evaluation Model Instruments on the Application of Science Project Learning Assessment”, Proceeding ICRIEMS-2017

Link:http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding/SE-06.pdf

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis:

(Sri Lestari , Dadan Rosana , Supahar)

27

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Development Of CIPP Model Of Evaluation Instrument On The Implementation Of Project Assessment In Science Learning ”, IJESE 2017

Link:http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1962_article_5a0a0fe31199f.pdf

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis:

(Jati Aurum Asfaroh, Dadan Rosana, Supahar)

28

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Developing Instruments using CIPP Evaluation Model in the Implementation of Portfolio Assessment in Science Learning ”, IJESE 2017

Link:http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1961_article_5a0a0eced1661.pdf

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis:

(Feni Kurnia, Dadan Rosana, Supahar)

29

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Developing Android Assisted Worked Example (WE) Application on Electrodynamics as Physics Learning Solution”, Proceeding ICRIEMS-2017

Link:http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding2017/PE08_mitra.pdf

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis:

(Mitra Yadiannur , Supahar, and Warsono)

30

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Mobile Learning based Worked Example in Electric Circuit (WEIEC) Application to Improve the High School Students’ Electric Circuits Interpretation Ability ”, IJESE 2017

Link:http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1961_article_5a0a0eced1661.pdf

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Mitra Yadiannur & Supahar)

31

Menghasilkan artikel dengan judul: “Desemination of Authentic Assessment in Local Content-Based Sciences Learning to Achieve The Learning Outcomes Based on Nature of Science” IOP 2018

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012034/pdf

 https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012034

Sebagai penulis utama dari dua penulis

(Supahar and D Rosana)

32

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The measurement of professional competency to school teacher’s achievement at PGRI university yogyakarta laboratory”, RE, 2018

Link:http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2349/1348

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Eko Wahyunanto Prihono, Supahar)

33

Menghasilkan artikel dengan judul: “Developing evaluation instrument based on CIPP models on the implementation of portfolio assessment, AIP 2018

Link: https://aip.scitation.org/doi/pdf/10.1063/1.4995187

https://doi.org/10.1063/1.4995187

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis

(Feni KurniaDadan Rosana, and Supahar)

34

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Assessment Instrument of scientific Literacy Skills on Motion and Simple Machines Learning Based on Nature of Science”, IJSBAR 2018

Link:https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/9095/4071

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Shita Dhiyanti Vitasari, Supahar)

35

Menghasilkan artikel dengan judul:“ The Influence of Android-Based Isomorphic Physics (Forfis) Application on Analogical Transfer and Self-Diagnosis Skill of Students at SMA Negeri 3 Kupang”, JPII, 2018

Link:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/14268/7889

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis:

(D. K. Sari, S. Supahar, U. Ralmugiz)

36

Menghasilkan artikel dengan judul:“The Content Validity of Assessment Instruments to Measure Analogical-Transfer Ability”, IJSBAR 2018

Link:https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/9030/4060

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:(D. Kumala Sari,  Supahar)

37

Menghasilkan artikel dengan judul: “Assessment Instrument of Scientific Literacy Skills Based on Nature of Science For Middle School”, JDR 2018

Link:http://journal.unublitar.ac.id/jdr/index.php/jdr/article/view/55/37

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Shita Dhiyanti Vitasari, Supahar)

38

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2018

Link:https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/19590/11595

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Khoirul Bashooir , Supahar)

39

Menghasilkan artikel dengan judul: “The development physics essay test to measure vector and mathematics representation ability in senior high school” IOP 2018

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012013/pdf

 https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012013

Sebagai penulis kedua dari empat penulis

(A C PratamaSupahar, Warsono and Jumadi)

40

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Validity And Reliability Of State Attitudes And Historical Insights Of High School Students” ICSMC 2018

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/icossce-icsmc-18/125909995      

         https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.51

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Muhammad Iksan Zakaria, Supahar)

41

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Characteristics of Assessment Instrument for Diagram and Verbal Representation Ability of High School PhysicsStudents in Physics with Partial Credit Model” ICERI 2018

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iccie-18/125910386        

         https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.51

Sebagai penulis kedua dari empat penulis

(Johan Pamungkas, Supahar, Warsono, Jumadi)

42

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Exploratory Factor Analysis Research Instrument Confidence Attitude Toward Students, ICEST  2018

Link: https://knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/4355/8827

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis

(Ali, Edi Istiyono,Supahar)

43

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Quality Analysis of Test for Diagrams and Mathematical Representation Ability of High School Student in Physics Using Partial Credit Model” ICERI 2018

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934053       

Sebagai penulis kedua dari empat penulis

(Jenny Resty Harjanti, Supahar, Warsono, Jumadi)

44

Menghasilkan artikel dengan judul: “The Development of Mobile Learning-Assisted Local Culture-Based Subject-Specific Pedagogy in Realizing the Learning Outcomes of Physics Subject” ICERI 2019

Link : https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934067

 Sebagai penulis utama dari empat penulis

(Supahar, Ahsan Abdulfattah, Sukardiyono, Himawan Putranta)

45

Menghasilkan artikel dengan judul: “The Feasibility Test on Laboratory Based on Virtual Instrument System as Nature of Science Learning Media” ICERI 2019

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934027

Sebagai penulis utama dari dua penulis

(Supahar, Eko Widodo)

46

Menghasilkan artikel dengan judul: “ The Development of Physics Learning Media Based on Local Wisdom Belogo and Traditional Rowing Contest to Improve the Physics Representative Ability of High School Students in Realizing Learning Outcomes” ICERI 2019

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934053       

Sebagai penulis kedua dari enam penulis

(Warsono, Supahar, Rio Sandhika Darma, Puji Iman Nursuhud, Danis Alif Oktavia, Ahdika Setiyadi)

47

Menghasilkan artikel dengan judul: “ The Development of Terbang Papat and Larung Sesaji Local Wisdom-Based Physics Learning Module to Increase the Senior High School Students’ Physics Representation Ability in Realizing Nature of Sciences” ICERI 2019

Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934012        

          https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.017

Sebagai penulis kedua dari enam penulis

(Warsono, Supahar, Ahdika Setiyadi, Danis Alif Oktavia, Rio Sandhika Darma, Puji Iman Nursuhud)

48

Menghasilkan artikel dengan judul: “Synthesis of the Cognitive Aspects' Science Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Chapter Momentum and Impulse” IOP 2019

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012014/pdf

 https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012014

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Himawan Putranta and Supahar)

49

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Development of Vector Representation Test Instrument for Senior High School Students in Realizing Learning Outcomes”, IJERE 2019

Link:https://www.ijere.com/frontend//articles/pdf/v4i4/1024331-ijere628328-822115pdf.pdf

Sebagai penulis ketiga dari empat penulis:

(Puji Iman Nursuhud , Warsono , Supahar , Rio Sandhika Darma)

50

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Development of Physics-Tier Tests (PysTT) to Measure Students` Conceptual Understanding and Creative Thinking Skills: A Qualitative Synthesis”, JEGYS 2019

Link: https://jegys.org/admin/b_bilgi_dosya/dosya/jegys-2019-7-3-23.pdf

DOI : 587203

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Himawan putranta & Supahar)

51

Menghasilkan artikel dengan judul: “ The Development of High School Physics Problem Solving Skills Test Instruments Based Problem-Based Learning”, JEGYS 2019

Link: https://jegys.org/admin/b_bilgi_dosya/dosya/jegys-7-4-16-602291.pdf

DOI : 602291

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Ahsan Abdulfattah, Supahar)

52

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran Pai Di Sma”, EI, 2019

Link:http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/402/404

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Fajrul Muhammad Bahri, Supahar Supahar)

53

Menghasilkan artikel dengan judul:“ Content Validity And Reliability Analysis Of Integrated Islamic-Science Test Instrument To Measure The Student’s Critical Thinking Ability”, Islam Realitas (IR), 2019

Link:http://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/Islam_realitas/article/view/894/522

Sebagai penulis kedua dari dua penulis:

(Fajrul Muhammad Bahri, Supahar Supahar)

54

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Developing an Assessment Instrument of Mathematical Problem-Solving Skills in Senior High School”, IJTMER 2019

Link: http://ijtmer.com/index.php/ijtmer/article/view/81/71

DOI: 10.33122/ijtmer.v2i3.81

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Dyah Ayu Fitriana, Supahar Supahar)

55

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Portrait of Mathematical Anxiety in Early Youth Ages”, IJTMER 2019

Link: http://ijtmer.com/index.php/ijtmer/article/view/77/69

DOI: 10.33122/ijtmer.v2i3.77

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Rosyita Anindyarini, Supahar Supahar)

56

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Developing Android Assisted Worked Example Application On Kinematics (Weak) To Improve Mathematical Representation Ability In High School Physics Learning”, IJSTR 2019

Link: http://www.ijstr.org/final-print/oct2019/Developing-Android-Assisted-Worked-Example-Application-On-Kinematics-weak-To-Improve-Mathematical-Representation-Ability-In-High-School-Physics-Learning.pdf

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Alfiani Adlina, Supahar)

57

Menghasilkan artikel dengan judul: “A mathematical anxiety scale instrument for junior high school students”, EduLearn 2019

Link:http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/13267/pdf_367

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Rosyita Anindyarini, Supahar)

58

Menghasilkan artikel dengan judul: “The Development of a Metacognition Instrument for College Students to Solve Physics Problems” IJI 2020

Link : http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2020_1_49.pdf

Sebagai penulis ketiga dari tiga penulis

( Haeruddin, Zuhdan Kun Prasetyo, Supahar)

59

Menghasilkan artikel dengan judul: “The Development of a Metacognition Instrument for College Students to Solve Physics Problems” eu-jer 2020

Link : https://www.eu-jer.com/EU-JER_9_1_215.pdf

         https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.215

 Sebagai penulis ketiga dari lima penulis 

(Haeruddin Haeruddin  , Zuhdan Kun Prasetyo, Supahar Supahar, Elisa Sesa, Gazali Lembah)

60

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Students and teachers' necessity toward virtual laboratory as an instructional media of 21st century science learning” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012091/pdf

  https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012091

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(D P Lestari and Supahar)

61

Menghasilkan artikel dengan judul: “Validity and reliability estimation of assessment ability instrument for data literacy on high school physics material” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012020/pdf

   https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012020

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis

(P E Larasati, Supahar and D R A Yunanta)

62

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Development of sound wave experimentation tools influenced by wind velocity” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012021/pdf

    https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012021

Sebagai penulis ketiga dari empat penulis

(S Maisyaroh, H Mariyo, Supahar and H Kuswanto)

63

Menghasilkan artikel dengan judul: “Development learning media based traditional games engklek for achievements mastery of the material and tolerance attitude” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012044/pdf

     https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012044

Sebagai penulis ketiga dari empat penulis

(M G Romanvican, Mundilarto, Supahar and E Istiyono)

64

Menghasilkan artikel dengan judul: “Dissemination of symbolic representation ability in high school physics subjects” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012056/pdf

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012056

Sebagai penulis kedua dari tiga penulis

(M F T Nirmala, Supahar and S Sundari)

65

Menghasilkan artikel dengan judul: “Development of assessment instruments to measure problem solving skills in senior high school

 IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012063/pdf

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012063

Sebagai penulis kedua dari empat penulis

(A T Astuti, Supahar, Mundilarto and E Istiyono)

66

Menghasilkan artikel dengan judul: “Data literacy assessment instrument for preparing 21 Cs literacy: preliminary study” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012085/pdf

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012085

Sebagai penulis kedua dari enam penulis

(M A Pratama, Supahar, D P Lestari, W K Sari, T S Y Putri and V A K Adiatmah)

67

Menghasilkan artikel dengan judul: “Using four-tier diagnostic test instruments to detect physics teacher candidates' misconceptions: Case of mechanical wave concepts” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012059/pdf

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012059

Sebagai penulis kedua dari enam penulis

(A M R Tumanggor, Supahar, H Kuswanto and E S Ringo)

68

Menghasilkan artikel dengan judul: “A simple liquid density measuring instrument based on Hooke's law and hydrostatic pressure” IOP 2020

Link: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1361-6552/ab5ebd/pdf

https://doi.org/10.1088/1361-6552/ab5ebd

Sebagai penulis ketiga dari empat penulis

(Himawan Putranta, Yusman Wiyatmo, X X Supahar and Wipsar Sunu Brams Dwandaru)

69

Menghasilkan artikel dengan judul: “ Developing Subject Specific Pedagogy (Ssp) Of Local Wisdom “Meriam Bambu” Physics Learning Media Assisted With Smartphones To Improved Selft Regulated Learning In Senior High School”, IJSTR 2020

Link: http://www.ijstr.org/final-print/feb2020/Developing-Subject-Specific-Pedagogy-ssp-Of-Local-Wisdom-meriam-Bambu-Physics-Learning-Media-Assisted-With-Smartphones-To-Improved-Selft-Regulated-Learning-In-Senior-High-School.pdf

Sebagai penulis kedua dari dua penulis

(Saint Saputra, Supahar)

70

Menghasilkan artikel dengan judul: ‘Multimedia Learning Modules (MLMs) Based on Local Wisdom in Physics Learning To Improve Student Diagram representations in Realizing the Nature of Science”,IJIM, 2020

 Link: https://online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/11640

Sebagai penulis keempat dari tujut penulis

(Warsono Warsono, Puji Iman Nursuhud, Rio Sandhika Darma, Supahar Supahar, Danis Alif Oktavia, Ahdika Setiyadi, Mas Aji Kurniawan)

 

Tahun

Judul

Penerbit/Jurnal

1995

Pengelolaan Limbah zat Radioaktif : Suatu antisipasi bahaya Radiasi

LPM IKIP Yogyakarta/Cakrawala Pendidikan

1998

Pemanfaatan Anggaran Pendidikan Tinggi dalam Kaitannya dengan Pengembangan IKIP Menjadi Universitas

LPM IKIP Yogyakarta/Cakrawala Pendidikan

1999

Upaya Menjaga Kesehatan Manusia dari Pengaruh Radiasi Elektromagnetik

LPM UNY Yogyakarta/Cakrawala Pendidikan

2001

Penentuan Faktor Z gas kondensat berbasis komposisi dengan metode Iterasi Newton-Raphson

Lemlit UNY/Jurnal Saintek

2004

Kajian komputasi Kuantisasi semi Klasik Vibrasi molekuler di bawah pengaruh Potensial Lennard -Jones (potensial 12-6)

FMIPA UNY/ Jurnal JPMS terakreditasi

2007

Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam matakuliah fisika statistik sebagai upaya menumbuhkan Kemandirian belajar mahasiswa

FMIPA UNY/  Jurnal JPMS terakreditasi

2008

Buku eksperiment Fisika Inti

P2IS/ ber-ISBN

2009

Buku Thermodimanika Statistik

Pustaka Pelajar/ Ber-ISBN

 

B.   Makalah/Poster

Tahun

Judul

Penyelenggara

2001

Penentuan Faktor Kompresibilitas sistem Gas Kondensat dengan Persamaan Soave Redlich-Kwong

PIT.HAGI – ITB

2002

Karakteristik Densitas Gas Kondensat

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2003

Kajian Komputasi semi klasik vibrasi molekuler di bawah pengaruh potensial Lennard jones

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2003

Kajian Perilaku fase heptana plus sistem hidrokarbon gas kondensat

DIKTI-Jakarta

2005

Media berbantuan komputer,modul dan pendekatan learning community serta authentic assesment sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2005

Kajian numerik Sifat densitas sistem hidrokarbon gas kondensat berbasis komposisi menggunakan Persamaan Soave-Redlich-Kwong

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2005

Persamaan Aliran Fluida fase tunggal pada media Porous

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2005

Komputasi Distribusi suhu pada keadaan mantap pada logam dalam berbagai dimensi

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2006

Estimasi sifat fisika viscositas hidrokarbon gas kondensat berdasarkan perubahan tekanan dan temperatur reservoir

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2009

Team Teaching: Sebuah strategi untuk membangun learning Community

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

2009

Implementasi Lesson Study mata pelajaran IPA Berbasis MGMP sebagai upaya membangun learning Community 

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

 

C.   Penyunting/Editor/Reviewer/Resensi

Tahun

Judul

Penerbit/Jurnal

2004

Pengantar Fisika Kuantum

JICA

 

File Bidang Penelitian :
2010_Outdoor+activities
21_Supahar
25_PFis_+supahar
B_Pend_Fis_Supahar2
E_Pend_Fis_Supahar1
13+Persamaan+Aliran+Fluida++(Supahar)
01+Kajian+Numerik+Sifat+Densitas++(Supahar)
luaran_01_supahar dan kawan
luaran_03_supahar dan kawan
luaran_02_supahar dan kawan
PROCEEDING ISSE 2015-1
SE10_SRI
PE08_mitra
SUPAHAR_ARTIKEL 2017
SUPAHAR_ICRIEMS 2017
SE10_SRI
14995187
14995190
14995190
IJESE_1962_article_5a0a0fe31199f
15534-41308-1-PB
14731-41205-1-PB
IJESE_1825_article_59141ceb67e99
PE08_mitra
ProsidingHEPI sulsel 2015
9030-26875-1-PB
Prosiding ICERE 2016
iji_2020_1_49
1024331-ijere628328-822115_puji imam 2019
55-13-188-1-10-20190416_Shita Dhiyanti Vita sari (2018)
77-330-1-PB_Rosyita Anindyarini1, Supahar 2019
81-332-1-PB_Dyah Ayu Fitriana1, Supahar 2019
894-3507-3-PB_Muhammad Fajrul Bahri, supahar 2019
1628-Article Text-5873-1-10-20180715_didik 2017
3890-10112-1-SM(2014 supahar
9030-Article Text-26875-1-10-20180701_desy 2018
9095-Article Text-26998-1-10-20180713_shita 2018
125909995_ihsan 2019
125910385_Jenny 2019
125910386_johan 2019
Adlina_2019
Astuti_2020_J_Phys__Conf_Ser_1440_012063
cakrawala 3890-10112-1-SM(2014 supahar
Cakrawala 7232-18536-1-SM_pahar 2015
cakrawala_edi supahar
EU-JER_9_1_215_haerudin
jegys-7-4-16-602291_ahsan 2019
jegys-2019-7-3-23_himawan 2019
Jurnal_2017 didik
Supahar_JPMS_2007
supahar_JPMS 2004
Supahar_prosiding MIPA 2006
Supahar_prosiding MIPA 2013
Supahar_ICERE_2016
supahar_ICERE 2014
Supahar_ISSE 2015
Supahar_HEPI 2015
Buku Panduan_Implementasi Model Lab-Vis NOS
Buku Panduan_Implementasi Model Lab-Vis NOS
BUKTI HKI (Supahar-MARINA)[1]
BUKTI HKI (Supahar-FENI)[1]
BUKTI HKI (Supahar-JATI)[1]
63_Buku Panduan_manual book simulasi android_supahar-Himawan
64_Buku Panduan_manual book simulasi admodo_supahar-Ahsan
Bidang Pengabdian

No

Kegiatan

Pengabdian Pada Masyarakat

 

Bentuk

Tempat/ Instansi

 

Tanggal

1

2

3

4

5

1

Sebagai narasumber: Fasilitator dan Penyaji Materi pelatihan Master teacher Madrasah Aliyah Model Se-Indonesia

Workshop

PPPG Matematika Yogyakarta

24-Nop-10 Des 2004

2

Sebagai Pendamping Lesson Studi Berbasis MGMP dan berbasis sekolah di kab. Bantul

Fasilitator

MGMP IPA SMP/MTsN Home Base: 3 Kecamatan:

(Sedayu, Pajangan, Kasihan)

(Jan-Des) 2008

3

Sebagai Narasumber: Sosialisasi lesson study guru-guru SMPN 2 Kasihan

workshop

SMP Negeri 2 Kasihan

15 Des 2008

4

Sebagai Tim Pemantau Independen Ujian Nasional (TPI UN) Tahun 2008

Pemantau

SMP Persatuan Ponjong Gunung Kidul

(3 – 8) Mei 2008

5

Sebagai Narasumber: Training Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP)

Workshop

Kampus STAIT Yogya, Jl. Mendungwarih 125 Giwangan Yogyakarta

Sabtu, 5 Juni 2010, pukul 08.00-15.00

6

Sebagai Narasumber: Technical assistance Penyusunan dokumen mutu Penyelenggaraan pendidikan Program studi pendidikan IPA FKIP ULM

Workshop

Antasari Room, UNY Hotel

28 Nop. 2018

7

Sebagai Narasumber: Implementasi Kurikulum 2013 SMK

Workshop

SMKN 1 kota Ternate dan SMKN 2 Ternate Maluku Utara

(19-21) Nop. 2015

8

Sebagai Instruktur pada kegiatan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Fisika bagi kepala laboratorium Fisika SMA/MA/SMK pola 100 jam

Workshop

Laboratorium Pendidikan Fisika FMIPA UNY

18-22 Feb 2016

 

File Bidang Pengabdian :
01_Supahar_Lampiran_PPM_1
02_Supahar_lampiran PPM_2
03_Supahar_lampiran PPM_3
04_supahar_Lampiran_PPM_4
05_supahar_lampiranPPM_5
06_supahar_lampiranPPM_6
07_supahar_Lampiran PPM_7
supahar_lampiranPPM_8