Prof. Dr. Paidi, M.Si.

Status : Tenaga Pendidik

Prof. Dr. Paidi, M.Si. on Google Scholar

Identitas
NIP : 196704041993031003
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Keahlian :

1. Kurikulum dan Pembelajaran Biologi

2. Strategi Pembelajaran Biologi

3. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi


Riwayat Pendidikan :
No Jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi Bidang Studi Tahun Lulus
1. Sarjana (S1) IKIP Yogyakarta (UNY) Pend. Biologi 1991
2. Magister (S2) Universitas Gadjah Mada Biologi 1999
3. Doktoral (S3) Universitas Negeri Malang Pend. Biologi 2008

 


Unit Kerja
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :
Jurusan Pendidikan Biologi
Golongan / Pangkat :
IV/d / Pembina Utama Madya
Jabatan :
Guru Besar
Contact
email : paidi@uny.ac.id
Blog :
Facebook :
Bidang Pendidikan

Mengajar:

No

Mata Kuliah

Semester

1

Kapita Selekta Pendidikan Biologi

S1

Gasal

2

Penilaian Pembelajaran Biologi

S1

Gasal

3

Statistika

S2

Gasal

4

Penerapan Budaya dan Potensi Lokal untuk PSP Biologi

S2

Gasal

5

Aplikasi STEM pada Pendidikan Biologi

S2

Gasal

6

Seminar Proposal Tesis

S2

Gasal

7

Strategi Pembelajaran Biologi

S1

Genap

8

Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi

S1

Genap

9

Seminar Pendidikan Biologi

S1

Genap

10

Praktik Pembelajaran Mikro

S1

Genap

11

Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran Biologi

S2

Genap

12

Konstruksi Instrumen Penelitian Pendidikan Biologi

S2

Genap

13

Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Biologi

S3

Genap

14

Kajian Learning Continuum Biologi

S3

Genap

 

File Bidang Pendidikan :
General+Biology+Paidi+2011
Manual+for+Lab+Work+of+General+Biology-Cover
Manual+of+Biometry+Practical-2012-Paidi-Cover
Teaching+Material+of+MPB-1-2012
Bidang Penelitian

No

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber

Jml (Rp)

1

2009/ 2010

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah serta Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Biologi Siswa SMA di Sleman-Yogyakarta

Hibah Bersaing DP2M

40 juta

dan

45 Juta

2

2010

Analisis Kinerja dan Program Kerja Guru Bersertifikat Profesional

Stranas-UNY

90 juta

3

2010

Peningkatan Kolegialitas dan Kerjasama Dosen melalui Implementasi Lesson Study dalam Perkuliahan Biologi Umum

DIPA MIPA UNY

10 juta

4

2012/ 2013

Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Untuk Pemberdayagunaan  Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA Magelang”

Hibah Pascasarjana

90 juta

5

2012/ 2013

Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Untuk Pemberdayagunaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA Magelang”

Hibah Pascasarjana

90 juta

dan 100 juta

6

2014

Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan STML untuk meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan siswa SMA di Kota Yogyakarta

Penelitian Unggulan PT

75 juta

7

2015/ 2016

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di SMA di DIY

Hibah Pascasarjana

100 juta

8

2016/ 2017

Pengembangan Instrumen Analisis Penguasaan Dimensi Proses dan Produk Kognitif Siswa SMA di Indonesia

Hibah Pascasarjana

100 dan 150 juta

9

2018

Analisis Kemampuan Akademik Bidang Studi dan Pedagogik Mahasiswa PSP Biologi

RG DIPA UNY

15 juta

10

2018/ 2019

Analisis Implementasi Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Bersertifikat Profesional di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hibah Penelitian Tesis Magister

56 juta

11

2018/ 2019

Analisis Implementasi Technological Paedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Bersertifikat Profesional di Daerah Jawa Tengah

Hibah Penelitian Tesis Magister

54 juta

12

2020

Efektivitas Free-Inquiry-Based Learning Dipadu Deep Source Usage Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa PSP Biologi

DIPA FMIPA, Research Group

15 juta

13

2020

Development of Free Inquiry-Based Blended Learning Model To Enhance The Quality of Learning of Biology Education Magister Study Program In Indonesia and Malaysia

DIPA UNY (Penelitian Kerjasama Internasional Program Studi)

50 juta

Publikasi 10 Tahun Terakhir:

1.     Paidi Paidi, Ixora Sartika Mercuriani, & Bambang Subali.  (2020). Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia. International Journal of Instruction, 13 (3). http://www.e-iji.net/volumes/362-onlinefirst.or  http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2020_3_34.pdf

2.    Irdalisa, Paidi, Djukri. (2020). Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK among Prospective Biology Teachers. International Journal of Instruction, 13 (2). http://e-iji.net/dosyalar/iji_2020_2_3.pdf

3.     Paidi, Djukri, Siti, Dessy. (2017).  Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School. International Journal of Environmental and Science Education (IJESE), 12(8). http://www.ijese.net/makale/1935

4.     Paidi. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah. Jurnal Kependidikan, 41(2), 185-201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1932   https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1932/1585     DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.1932  

5.      Bambang Subali, Paidi, Siti Maryam. (2016). The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences subject in Indonesian elementary school students. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 17(1), https://www.eduhk.hk/apfslt/v17_issue1/subali/index.htm   

6.      Tivani & Paidi. (2016).  Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 2016, 35-45. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

7.      Bambang Subali, Paidi Paidi, Siti Mariyam. (2017).  Mapping elementary school students' creativity in science process skills of life aspects viewed from their divergent thinking patterns. Research and Evaluation in Education, 3(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/13294. https://doi.org/10.21831/reid.v3i1.13294

8.      Adria Utamiyosa & Paidi Paidi. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/NATURAL/article/view/3161

9.      Ruchyan Intani & Paidi Paidi. (2018). Pengembangan Buku Panduan Tutorial Sebaya dalam Program Remedial Materi Sistem Klasifikasi Hewan di  Kelas X. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (1), 19–24. https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio/article/view/1028   

10.      Achmad Ali Fikri, Viki Ismah, Paidi Paidi. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Jurnal Thabiea, 01(01). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/3651. DOI : 10.21043/thabiea.v1i1.3651

11.   Paidi, Tika Mayang Sari, Iis Aida Yustiana. (2017)  An Analysis of Ability to Create (C6) of Biology at Eleventh Grade of Senior High School Students In Indonesia. Proceeding International Seminar on Science Education Vol. III, 2017 (ISSE). https://core.ac.uk/download/pdf/154763397.pdf

12.   Iis Aida, Paidi, Ixora S. M. (2018). Biology Factual Knowledge at Eleventh Grade of Senior High School Students in Pacitan based on Favorite Schools. Journal of Physics: Conf. Series 970- 012029.       https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/970/1/012029/pdf     DOI: 10.1088/1742-6596/970/1/012029

13.   Tika Mayang Sari, Paidi, & Ixora SM. (2018). Biology Procedural Knowledge at Eleventh Grade of Senior High School in West Lampung Based on Curriculum. Journal of Physics: Conference Series 970 012032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/970/1/012032/pdf. doI: 10.1088/1742-6596/970/1/012032

14.   Anis Fajri K. & Paidi. (2018). The influences of the peer tutoring method to improve conceptual understanding. Journal of Physics: Conference Series 1097-012044. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012044/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1097/1/012044

15.   Noviana Hapsari & Paidi. (2019). Development of An Observation Sheet Instrument to Measure Biology Teachers’ Ability of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Application. Journal of Physics: Conference Series 1241- 012032. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012032/pdf

16.   Fitria Astuti & Paidi. (2019). Developing an Observation Instrument to Measure Technological Pedagogical Knowledge (TPK) of Biology Teacher in Learning Process. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012053/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012053

17.   M. Khoirul Antony & Paidi. (2019). TPACK Observation Instrument: Development, Validation, and Reliability. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012029/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012029

18.   Sendy Pradana & Paidi. (2019). Developing an Instrument to Evaluate the Technological content knowledge (TCK) Application of Biology’s Teacher. Journal of Physics Conference Series 1241:012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012041/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012041

19.   Kintanthi Sari & Paidi. (2019). Metacognitive Knowledge and Critical Thinking Biology 11th of Public Senior High School in Bogor. Journal of Physics Conference Series 1241-012053. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012056/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1241/1/012056

20.   Haryana & Paidi. (2019). Students Profile’s Scientific Process Skills on Ecosystem Material Viewed from Favorite High School.  Journal of Physics Conference Series 1233:012008. DOI:10.1088/1742-6596/1233/1/012008. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012008/pdf

21.   Diah Mustika Diana & Paidi. (2019). The Effect of Multiple Intelligence-based Learning Strategies, Mathematical Logic, and Naturalist toward Cognitive Learning Outcomes and Biological Retention of Students Grade X on Environmental Pollution Material. Journal of Physics Conference Series 1233:012006. DOI:10.1088/1742-6596/1233/1/012006. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012006/pdf

22.   M.K.Antony*, Paidi, B.Subali, S.P.Pradana, N.Hapsari, F.E.C.Astuti. (2019). Teacher’sTPACK Profile: The Affect of Teacher Qualification and Teaching Experience. Journal of Physics: Conference Series1397 (2019) 012054. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012054/pdf. DOI:10.1088/1742-6596/1397/1/012054

23.   N. Hapsari, Paidi, B. Subali, F. E. C. Astuti, S. P. Pradana, and M. K. Antony. (2019).  The TPACK Profile of Biology Teacher Based on Certification Status: A Case Study in Bantul Regency. Journal of Physics: Conference Series1397 (2019) 012055. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1397/1/012055. DOI:10.1088/1742-6596/1397/1/012055

24.   N C Nugraheni & Paidi. (2020). Scientific literacy profile of X grade students in Gunungkidul on Biology reviewed based on gender. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1440. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1440/1/012070/pdf

25.   Paidi, Muhammad Khoirul Antony, Bambang Subali, Sendy Putra Pradana. (2020). Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java: Description of TPACK Mastery-Based on Teaching Experience. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education, and Humanities Research.   https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934058. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.006

26.   Paidi, Noviana Hapsari, Bambang Subali, Fitria Eka Cahya Astuti. (2020).  Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK: A Descriptive Study. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education, and Humanities Research. https://download.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934059. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.018

27. Paidi. (2012). Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1011

 

Menulis Buku

1. Model Inkuiri Terbimbing (Irda, Paidi, Djukri). UNY Press-2019

2. Pengembangan Kreativitas Proses Sains (Bambang Subali, Paidi, Siti Maryam), UNY Press-2015

3. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi (Paidi), UNY Press-2012

 

File Bidang Penelitian :
Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi
Makalah+Semnas+MIPA+2009-Pak+Paidi
Artikel+Semnas+FMIPA2010+UNY
Initiating Education Reform Through Lesson Study at a University in Indonesia
Pembelajaran+Kelas+Rangkap+-+Paidi+UNY+-+2008
Materi+Action+Plan+LS-Pend+Karakter-1
Keterampilan+Proses+Sains-Paidi+UNY+dkk
Guided+Inquiry+and+Scientific+Skill-+Paidi+UNY
artikel-metakognitif-makalah-semnas-bio-2013-paidi
Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya
Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia
Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK among Prospective Biology Teachers
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences subject in Indonesian elementary school students
Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan ICT dalam Pembelajaran Biologi
Pengembangan Kreativitas Keterampilan Proses Sain Aspek Kehidupan pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Besarta Cara Pengukuran Keberhasi
Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java
Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK: A Descriptive Study
Development of Instrument to Assess Cognitive Process
Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School.pdf
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences
Bidang Pengabdian

No

Tahun

Judul Pengabdian kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber

Jumlah (Rp)

1.

2012

Pemberdayaan Laskar Berlian sebagai Agen Pendidikan Kesehatan Preventif dalam Pencegahan Wabah Demam Berdarah

DIPA UNY

10 juta

2.

2014

Analisis Kualitas Implementasi Kurikulum 2013 pada Guru-guru di DIY

DIPA UNY

15 juta

3.

2015

Peningkatan Kemampuan Guru SD mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen

DIPA UNY

15 juta

4.

2015

Pengenalan dan Pengembangan Kreativitas dalam melakukan Proses Sains siswa SD di Sleman

DIPA UNY

5 juta

5.

2016

Peningkatan Kemampuan Guru Biologi di Gunungkidul dalam Pelaksanaan Scientific Approach dan Penggunaan Sumber Belajar dalam rangka Implementasi  Kurikulum 2013

DIPA FMIPA UNY

5 juta

6.

2017

Peningkatan Kemampuan Guru Biologi di Kota Magelang dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013

DIPA FMIPA UNY

5 juta

7.

2018

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Anggota MGMP Biologi SMA Kota Magelang

DIPA FMIPA UNY

5 juta

8.

2019

Pelatihan Implementasi Pembelajaran Berbasis SSI untuk Guru SMA/MA DIY

DIPA FMIPA UNY

7,5 juta

9.

2020

Pelatihan E-Learning System bagi Para Guru Biologi SMA Kabupaten Kulonprogo, DIY

DIPA FMIPA UNY

4,5 juta (Usulan)

 

 

No.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Bentuk Kegiatan

Tempat / Instansi

Tanggal Pelaksanaan

Jumlah Angka Kredit

Bukti Pendukung

1

Fasilitator Kegiatan  Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis X Kalimantan Selatan

Work-shop

Uniska Banjarmasin

2015

1

Sertifikat

2

Fasilitator Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis Kalimantan Timur

Work-shop

Kopertis Kalimantan Timur

8-9 Mei 2015

1

 

3

Fasilitator Workshop Penyempurnaan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi para Dosen dan Pengelola FKIP UM Palembang. 

Work-shop

Universitas Muhammadiyah Palembang

30 September s.d 1 Oktober 20162

1

 

4

Fasilitator Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti bagi para dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Work-shop

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

22 November 2016

1

 

5

Fasilitator Penyusunan Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan

Work-shop

Universitas Borneo Tarakan

30-31 Agustus 2016

1

 

6

Fasilitator Revisi Kurikulum LPTK berdasarkan Permenristekdikti No 44 bagi para dosen FMIPA Universitas Negeri Gorontalo

Work-shop

Universitas Negeri Gorontalo

29-30 November 2016

1

 

7

Fasilitator Urgensi Program SM-3T bagi Pembangunan Pendidikan di Daerah 3T guna Menyongsong Indonesia Emas, makalah Workshop diselenggarakan oleh Prodi PPKn

Work-shop

FKIP Universitas PGRI Yogyakarta

1 Juni 2016

1

 

8

Fasilitator Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti  bagi para Kaprodi di UPN Veteran Yogyakarta

Work-shop

UPN Veteran Yogyakarta

19 Oktober 2017

1

 

9

Fasilitator Pelatihan tentang Prosedur & Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai KKNI dan SN-Dikti bagi para Kaprodi

Work-shop

Universitas Musamus Merauke

18-20 November 2017

 

1

 

10

Fasilitator Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Work-shop

Universitas Tirtayasa Banten

30-31 Juli 2018

1

 

11

Fasilitator Workshop Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tata Busana, Asosiasi Prodi Pendidikan Teknik Boga Busana,

Work-shop

 

27 Maret 2019

1

 

12

Fasilitator Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Work-shop

UIN R. Fatah Palembang

7-9 April 2019

1

 

13

Fasilitator Workshop Program Bantuan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) bagi para Dosen dan Guru

Work-shop

Universitas Tadulako

6-7 Juli 2019

1

 

14

Fasilitator Workshop Revisi Kurikulum Prodi Pend di FKIP

Universitas Veteran, Sukoharjo

Work-shop

Universitas Veteran, Sukoharjo

30 Juli 2019

1

 

15

Fasilitator Workshop Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Dosen Program PDS,

Work-shop

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)

19 Juli 2019

1

 

16

Fasilitator Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan TLM dan Kurikulum Prodi Diploma III TLM Jurusan Analis Kesehatan

Work-shop

Poltekkes Kemenkes, Yogyakarta

16 November 2019

1

 

 

 

No

Kegiatan Seminar/Workshop/Konvensi Lokal dan Nasional

Tahun

Peran/Posisi

1

Pelatian Tindakan Kelas bagi guru-guru anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Magelang

SMPN 1 Mungkid Magelang

2011

Instruktur

2

Workshop Pengembangan Keprofesionalan secara Berkelanjutan bagi Guru-guru Biologi MA DIY

2012

Pembicara

3

Seminar Nasional Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa

2012

Pembicara

Kunci

4

Pengembangan Kurikulum Berbasis Learning Outcome bagi STIKKES Yogyakarta

2014

Pembicara

5

Seminar Nasional Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis X Kalimantan di Uniska Banjarmasin

2015

Pembicara

6

Pengembangan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi Dosen Kopertis Kalimantan Timur

2015

Pembicara

7

Workshop Penyempurnaan Kurikulum Berorientasi KKNI bagi para Dosen dan Pengelola Universitas Muhammadiyah Palembang,  30 September s.d 1 Oktober 2016

2016

Pembicara

8

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti bagi para dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto

2016

Pembicara

9

Penyusunan Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Agustus 2016

2016

Pembicara

10

Revisi Kurikulum LPTK berdasarkan Permenristekdikti No 44 bagi para dosen FMIPA Universitas Negeri Gorontalo

2016

Pembicara

11

Urgensi Program SM-3T bagi Pembangunan Pendidikan di Daerah 3T guna Menyongsong Indonesia Emas, makalah Workshop diselenggarakan oleh Prodi PPKn

FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta, 1 Juni 2016

2016

Pembicara

12

Penyusunan dokumen Kurikulum Berorientasi  KKNI sesuai dengan SNDikti  bagi para Kaprodi di UPN Veteran Yogyakarta

2017

Pembicara

13

Pelatihan tentang Prosedur & Tahapan

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi

Sesuai KKNI dan SN-Dikti bagi para Kaprodi Universitas Musamus Merauke

2017

 

Pembicara

14

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Tirtayasa Banten

2018

Pembicara

15

Workshop Revisi dan Penyempurnaan Kurikulum Pendidikan Tinggi bagi para Dosen Prodi Pendidikan Biologi UIN R. Fatah Palembang

2018

Pembicara

16

Workshop Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tata Busana, Asosiasi Prodi Pendidikan Teknik Boga Busana, Maret 2019

2019

Pembicara

17

Workshop Program Bantuan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) bagi para Dosen dan Guru,

Universitas Tadulako, 6 Juli 2019

2019

Pembicara

18

Workshop Revisi Kurikulum Prodi Pend di FKIP

Universitas Veteran, Sukoharjo, Juli 2019

2019

Pembicara

19

Workshop Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi para Dosen di Lingkungan LLDIKTI Bandung, 23 Oktober 2019

2019

Pembicara (Instruktur)

20

Workshop Perangkat Pembelajaran bagi Guru dan Dosen Program PDS Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), 19 Juli 2019

2019

Pembicara

21

Workshop Peninjauan Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan TLM dan Kurikulum Prodi Diploma III TLM Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes, 16 November 2019 Yogyakarta

2019

Pembicara

 

 

 

File Bidang Pengabdian :
Makalah-Pembelajaran+Tuntas-SKBM-Paidi+UNY
Makalah+Model+Pembelajaran-SBI-Paidi+UNY
Makalah+Lesson+Study-+MAN+Wonokromo2005-Paidi+UNY
Makalah+CAR+-PTK+Math+Paidi+UNY
Makalah+CAR+CPNS+2010-+Disain+PTK-di+Sekolah-Pak+Paidi
makalah-diskusi-berpikir-divergen-dan-kreativitas-2015-uptd-sleman
Lain-lain

Pengalaman Profesional Dalam 10 Tahun Terakhir

No

Jabatan

Tahun

1.

Reviewer Research Grant IMHERE

2009 – 2012

2.

Anggota Mitra Bestari JIP PPs UM Malang

2009 – 2014

3.

Anggota Dewan Penyunting Jurnal JPMS

2010 – 2015

4.

Instruktur (Penyosialisasi) Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs

2012 – 2013

5.

Anggota Dewan Penyunting Jurnal JPMS

2010 – 2015

6.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik UNY

2010 – 2015

7.

Anggota Tim Pengembang Kurikulum UNY

2013 – 2014

8.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Pengembangan Kurikulum KKNI-SNDikti-SPG, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2016

9.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Perangkat Pembelajaran-Bahan Ajar, Pendukung Kurikulum KKNI-SNDikti-SPG, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2017

10.

Reviewer Jurnal  JPB Universitas Negeri Malang

2016-2017

11.

Reviewer Jurnal Scientiae Educatica

2017-2018

12.

Reviewer Jurnal Didaktika Biologi Universitas Muhammadiyah Palembang

2017-2019

13.

Reviewer Jurnal Bioedukatika

2017-sekarang

14.

Reviewer Jurnal IJI (International Journal of Instruction)

2019

15.

Anggota Tim Revitalisasi LPTK-Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS), Belmawa Kemenristekdikti

2018-2019

16.

Anggota Tim PPG Prajabatan, Ditjen SDIPTEK dan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2011-2019

17.

Anggota Tim PPG Daljab, Ditjen GTK Kemendikbud dan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti

2017-sekarang

 

File Lain-Lain :
Students’ Competence in Cognitive Process and Knowledge in Biology Based on Curriculum Used in Indonesia
Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK
Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School
Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah
Biology Teacher’s TPACK Profile in Central Java
The divergent thinking of basic skills of sciences process skills of life aspects on natural sciences
Teaching Performance of High School Biology Teachers in Applying TPACK