Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si.

Status : Tenaga Pendidik

Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si. on Google Scholar

Identitas
NIP : 196803071993031001
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Keahlian :

Pengukuran, penilaian, dan evaluasi  Pendidikan Fisika 
 


Riwayat Pendidikan :

 

Nama Perguruan Tinggi

S-1

S-2

S-3

IKIP YOGYAKARTA

Universitas Gadjah Mada

Universitas Negeri Yogyakarta

Bidang Ilmu

Pendidikan Fisika

Fisika

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/ Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan Fisika

Tahun Masuk-Lulus

1987-1992

1995-1999

2010-2014

Judul  Skrpsi/Tesis/Disertasi

Hubungan Antara Kemampuan Memahami Konservasi Volume dan Kemampuan Berpikir Proporsi dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV, V, dan VI SD di Nomporejo Tahun 1991/1992.

Pengaruh Dosis Ion, Tenaga, dan Suhu Sepuh-lindap Terhadap Resistans Jenis dan Magnetoresistans pada Perak Yang Diimplantasi Ion Besi

 

Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Peserta Didik SMA di DIY

 


Unit Kerja
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan :
Jurusan Pendidikan Fisika
Golongan / Pangkat :
IV/d / Pembina Utama Madya
Jabatan :
Guru Besar
Contact
email : edi_istiyono@uny.ac.id
Blog :
Facebook :
Bidang Pendidikan

A. Kursus-kursus/Pelatihan/Lokakarya yang diikuti:

  1. Kursus TOEFL tanggal 6 Juli -12 Oktober 2004
  2. Pelatihan Pemberdayaan Pendampingan Masyarakat bagi Dosen UNY  pada tanggal 28-30 November 2005
  3. Pelatihan Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) tanggal 17-21 April 2006.
  4. Lokakarya “Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Kelas Berbahasa Inggris” tanggal 25 Juli 2006
  5. Lokakarya Penulisan dan FinalisasiNaskah Audio Pembelajaran di BPMR 23-25 Agustus 2006
  6. Pelatihan E-Learning UNY pada tanggal 25-26 Juli 2007 di Puskom UNY
  7. Lokakarya Penyusunan Garis-garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Media Audio Penunjang Pendidikan (MAPP) 2008 tanggal 3- 5 April 2008
  8. Seminar dan Lokakarya Nasional Restrukturisasi Pendidikan Karakter tanggal 29 dan 31 Juli 2008
  9. Diklat Calon Pelatih (TOT) untuk Diklat Calon Pengawas dan Kepala Sekolah/ Madrasah tanggal 4-11 Maret 2009
  10. Lokakarya Pengelolaan Naskah dan Penerbitan dengan tema “Penulisan Artikel yang Bermutu dan Peningkatan Pengelolaan Saintek Menuju Jurnal Terakreditasi” tanggal 3 dan 4 November 2009
  11. Pelatihan Blog bagi para Kepala Bidang, Sekretaris Bidang, Dewan Pertimbangan, Redaksi Jurnal, dan Tim KKN LPM UNY  tanggal 28 dan 29 Desember 2009
  12. Sandwich Program di The University of Queensland (UQ) pada Oktober – Desember 2012
  13. Workshop on Testing and Item Analysis yang diselenggarlan oleh SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics, tanggal 6 Juni  2014

  14. Pelatihan Pengembangan Posdaya dan Pemetakan Keluarga (23-26 April 2015)

  15. Workshop Pemanfaatan Data TIMSS untuk Kajian dan penelitian Ilmiah 2016

  16. Workshop on Science Communication Tahun 2017

  17. Pelatihan E-Learning bagi Dosen-dosen UNY (19-20 Januari 2017)

  18. Pelatihan Validasi, kalibrasi, dan Skoring dengan Pendekatan terpadu IRT dan CFA 2017

  19. Workshop on Science Comunication di UNY (7 November 2017)

  20. Pelatihan Pendampingan Jurnal UNY menuju terindeks Scopus dan Web of Science (7 November 2020)

  21. Pelatihan Implementing Assessment For Improving Quality Education (2020)

  22. Webinar AKM dan Implementasinya Dalam Pembelajaran (2021)

  23. Pelatihan Kompetensi Growth Mindset Coach (27-28 Agustus 2021)

B. Mata Kuliah yang Diampu

No

Mata kuliah

Program Studi

1

Analisis Faktor

S3 PEP

2

Teori Statistika dan Sampling

S3 PEP

3

Penilaian Kelas

S2 dan S3 PEP

4

Desain dan Analisis Eksperimen

S2 PEP

5

Statistika

S1 dan S2 Pendidikan Fisika

6

Metode Penelitian Pendidikan Fisika

S2 Pendidikan Fisika

7

Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Fisika

S2 Pendidikan Fisika

8

Teori Respon Butir

S1,  S2 Pendidikan Fisika,    dan S2 PEP

9

Instrumen Non Kognitif 

S2 PEP

10

Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Fisika

S1 Pendidikan Fisika

11

Teori dan Teknik Pengukuran Pendidikan

S1 Pendidikan Fisika

 

File Bidang Pendidikan :
1_Silabi+Fis+Zadat
2_Silabi+Fis+Zadat+Lanjut
3_Silabi-IAD
4_S_Ket-Pembimbing
5_S_Ket-Penguji
6_S+Ket+Fasilitator+Nasional
7_STTPP+Fasilitator+Nasional
sertifikat-sandwich
9-certificate-workshop-testing-item-analysis
Bidang Penelitian

Penelitian

A. ID dan h indeks

No

Pengindeks

ID

h indeks

1

Scopus

57193458018

5

2

Sinta

5980148

 

3

WoS

CAJ-0679-2022

3

4

Google Schoolar

9ak96M8AAAAJ

14

 

B. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

 

No.

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber*

Jml (Juta Rp)

1

2015

Pengembangan Asesmen Kinerja Berbasis STEM untuk Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA

DIPA LPPM  UNY

20,00

2

2015

Pengembangan Tes Diagnostik untuk Memotret HOTS Mahasiswa sebagai Dasar Pengembangan  Model Pembelajaran Berbasis HOTS  di Jurdik Fisika FMIPA UNY

 

HB DPRM

59,00

4

2016           (Th ke-2)

Pengembangan Tes Diagnostik untuk Memotret HOTS Mahasiswa sebagai Dasar Pengembangan  Model Pembelajaran Berbasis HOTS  di Jurdik Fisika FMIPA UNY

 

HB DPRM (Ristekdikti)

50,00

5

2016 

Keefektifan Pembelajaran IPA dalam Penerapan KTSP dan K-13 di SMP Se-Provinsi DIY

TPS DPRM (Ristekdikti)

100,00

6

2017

(Th ke-1)

Pengembangan Tes Higher Order Thinking Lengkap Fisika SMA Menggunakan Computer Adaptive Test dan Efektivitas Penerapannya

TPS DPRM (Ristekdikti)

150,00

7

2017

Pengembangan Physics Comprehensive Contextual  Teaching Material (PhyCCTM) Berbasis KKNI untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA: Pengembangan Produk Akhir Dilengkapi dengan Aplikasi Android

 

TPS DPRM (Ristekdikti)

150,00

8

2017

Pengukuran Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Fisika Peserta Didik SMA

 

DIPA Pascasarjana UNY

20,00

9

2017

Evaluasi mutu tata kelola kelembagaan dan pembelajaran SMK 3 Tahun

Dit PSMK

200,00

10

2018

(Th ke-2)

Pengembangan Tes Higher Order Thinking Lengkap Fisika SMA Menggunakan Computer Adaptive Test dan Efektivitas Penerapannya

TPS DPRM

150,00

11

2018

Pengukuran Problem Solving Skills Fisika Peserta Didik SMA

DIPA Pascasarjana UNY

20,00

12

2018

Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Smk Dalam Pengembangan Technopark

Dit PSMK

200,00

13

2019

Pengembangan Computer Based Test untuk Mengukur Creative –Critical Thinking Skills Fisika dan Efektivitas Penerapannya sebagi Tuntutan Abad 21

Tesis Magister DPRM

50,89

14

2019

Pengembangan Model Penilaian Problem Solving Skills Fisika Menggunakan Competer dan Paper Based Test dan Efektivitas Penerapannya

Tesis Magister DPRM

49,36

15

2019

Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills Fisika Menggunakan Computer Based Test dan Efektivitas Penerapannya

Tesis Magister DPRM

49,51

16

2019

Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Pintar SMK

Dit PSMK

199,50

17

2019

Pengembangan Pola Penyelarasan SMK dari Sudut Pandang Keunggulan Wilayah  Berbasis Industri

Dit PSMK

150,00

18

2019

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa Melalui Penilaian Otentik dan Holistik di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua

Penelitian Kerjasa antar PT DRPM

108,885

19

2020

Pengembangan Physics Representation Test (PRT) untuk Mengukur Kemampuan Representasi Verbal dan Gambar Peserta Didik SMA

Tesis Mgsiter DRPM

38,610

20

2020

Pengembangan Computer Based Test (CBT) untuk Mengukur Kemampuan Representasi Matematis dan Representasi Grafik Fisika Peserta Didik SMA

Tesis Mgsiter DRPM

 38,142

21

2020

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Gambar

Tesis Mgsiter DRPM

37,405

22

2020

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Kapal Boti Berbantuan android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Grafik peserta didik SMA

Tesis Mgsiter DRPM

24,000

23

2020

Evaluation of Elementary School Students’ Character Assessment in Learning in Indonesia and Malaysia

Penelitian Kerjasama Luar Negeri

50,000

24

2020

 Evaluation of Learning in Elementary School: Integration of Character Value in Students

Penelitian Kerjasama Luar Negeri

50,000

25

2021

KLINIK FISKA Berbasis Computer Based Four Tier Diagnostic Test (CBDT Physics Clinic) Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Fisika

Penelitian Terapan Unggulan PT DRPM

216,250

26

2021

Evaluation of Learning Achievement assessment of The 21st Century Elementary Student in Indonesia and Malayasia (2021)

 

Penelitian Kerjasama Luar Negeri

50,000

27

2021

Pengembangan Mobile Assesing (M-assesing) Berbasis Teori Tes Modern untuk Menilai Higher Order Thingking (HOTs) Fisika Mahasiswa

PDD DRPM

58.990

28

2021

Pengembangan Model Penilaian HOTS Fisika Calon Guru Berbasis CBT (2021),

PDD DRPM

58.000

29

2021

Model Penilaian Karakter Peserta Didik Berbasis Komputer di sekolah Menengah Atas (2021),

 

PDD DRPM

55.100

30

2021

Pengembangan Three Tier Diagnostic Test Untuk Keterampilan Abad ke-21 pada Pembelajaran Fisika SMA

 

DIPA Pascasarjana

20.000

31

2021

Pengembangan  Two-Tier Multiple Choice Test Berbasis Multi Representasi  untuk engidentifikasi Kemampuan Representasi Fisika

Research Group

24.000

32

2021

Kajian Praktik Keendidikan (PK) UNY
Tahun 2021

DIPA UNY

50.000

33

2022

KLINIK FISIKA Berbasis Computer Based Four Tier Diagnostic Test (CBDT Physics Clinic) Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Fisika

Penelitian Terapan Unggulan PT DRPM Th ke2

168,750

34

2022

Assessment of Character Strengthening of 4C’s Learning Outcomes in Elementary Schools in Indonesia and Malaysia

Penelitian Kerjasama Luar Negeri

50,000

35

2022

Pengembangan Mobile Assesing (M-assesing) Berbasis Teori Tes Modern untuk Menilai Higher Order Thingking (HOTs) Fisika Mahasiswa

PDD DRPM Th ke-2

53.001

36

2022

Pengembangan Model Penilaian HOTS Fisika Calon Guru Berbasis CBT (2021),

PDD DRPM Th ke-2

49.275

37

2022

Asesmen Diagnostik Berbasis Blended Learning untuk Kebutuhan Belajar Matemaika Siswa Sekolah Dasar

PDD DRPM Th ke-1

48.200

38

2022

Pengembangan Instrumen Penilaian Fisika berbasis Socioscientific Issues untuk Mengukur Kemampuan Literasi Ilmiah

Research Group

24.000

39

2022

Pengembangan Model Asesmen Kinerja pada Ujian Sekolah Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Tematik

Bidang Ilmu DIPA Pascasarjana

20.000

40

2022

Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif yang Adaptif Menggunakan Edpuzzle untuk Menunjang Physics Blended Learning

PUPT DIPA LPPM

20.000

 

* Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema penelitian DIKTI maupun dari sumber lainnya.

C. Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir

 

No.

Judul Artikel Ilmiah

Nama Jurnal

Volume/
Nomor/Tahun

1

Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Volume 18 No. 1, 2014

2

Development of Two Tier Test to Assess Conceptual Understanding in Heat and Temperature

Journal of Physiscs (SCOPUS)

Volume 795, No. 012052, 2017

3

The Development of Performance Assessment of Stem-Based Critical Thinking Skill in the High School Physics Lessons

 

International Journal of Enviromental &Science Education

Volume 12, No. 5, 2017

4

The Analysis of The Senior High School Students’ Physics HOTS in Bantul District Measured Using PhysReMChoTHOTS

AIP Conference Proceeding by American Institute of Physics (SCOPUS)

Volume 1868, No. 070008, 2017

5

Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Fisika Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kesiapan Peserta Didik dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, FMIPA UNY

Volume 5, No. 1, 2017

6

Application of Bloomian and Marzanoian Higher Order Thinking Skills in the Physics Learning Assessment: an Inevitability

 

Atlantis Press, Series Advance Social Scinece, Education, Humanities Research

Volume 164, 2017

7

Developing physics problem-solving skill test for grade X students of senior high school

Journal REiD (Research and Evaluation in Education)

Volume 3, No. 2, 2017

8

IT-Based HOTS Assessment on Physics Learning as the 21st Century Demand at Senior High Schools: Expectation and Reality

AIP Conference Proceeding by American Institute of Physics (SCOPUS)

Volume 2014, No. 020014, 2018

9

The Developing of Creative Thinking Skills Test Based on Modern Test Theory in Physics of Senior High Schools

Cakrawala Pendidikan

(SCOPUS)

Tahun 2018, No. 2, 2018

10

Mapping of physics problem-solving skills of senior high school students using PhysProSS-CAT

Journal REiD (Research and Evaluation in Education)

Volume 4, No. 2, 2018

11

Developing Lup Instrument Test to Measure Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian for Senior High School Students

International Journal of Educational Research Review

Volume 4, No 3, 2019

12

Developing Assessment Instrument to Measure Physics Problem Solving Skills for Mirror Topic

International Journal of Educational Research Review

Volume 4, No 3, 2019

13

Measurement of Physics Problem-Solving Skills in Female and Male Students by PhysTeProSS

 

Indonesian Journal of Science Education

(SCOPUS Q3)

Volume 8, No 2, 2019

14

Developing IRT-Based Physics Critical Thinking Skill Test: A CAT to Answer 21st Century Challenge

 

International Journal of Instruction

(SCOPUS Q3)

Volume 12, No 24, 2019

15

Scientific Approach to Promote Response Fluency Viewed from Social Intelligence: Is It Effective?

European Journal of Educational Research

(SCOPUS Q3)

Volume 8, No 3, 2019

16

A computerized adaptive test for measuring the physics critical thinking skills

 

International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE)

(SCOPUS Q3)

Volume 8, No 3, 2019

17

The Developing and Calibration of PhysEDiTHOTS Based on IRT and IQF for Students’ HOTS Diagnostic

IOP Conf. Series: Journal of Physics:

Volume 1233, No 012038, 2019

18

Developing of Computerized Adaptive Testing to Measure Physics Higher Order Thinking Skills of Higher School Students and its Feasibility of Use

European Journal of Educational Research

(SCOPUS Q3)

 

Volume 9, No 1, 2019

19

Synectic HOTS Oriented: Development of Teaching Materials for High School Physics Learning

Universal Journal of Educational Research

(SCOPUS Q3)

Volume 8, No 11, 2020

20

Measuring Creative Thinking Skills of Senior High School Male and Female Students in Physics (CTSP) Using the IRT-based PhysTCreTS

Journal of Turkish Science Education

(SCOPUS Q1)

Volume 17, No 4, 2020

21

The development of the HOTS test of physics based on modern test theory: Question Modeling through e-learning of moodle LMS

International Journal of Instruction

(SCOPUS Q1)

Volume 14, No. 4, 2021

22

Validitas dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Skala Sikap Siswa Terhadap Fisika Dengan Analisis Faktor Konfirmatori

 

Jurnal Riset Pendidikan Fisika

(Sinta)

Volume 6, No.1, 2021

23

Analysis of Items Parameters on Work and Energy Subtest Using Item Response Theory

Jurnal Pendidikan MIPA

(Sinta 3)

Volume 22,  No. 1, Tahun 2021

24

Construction of the Character Assessment Instrument for 21st Century Students in High Schools 

European Journal of Educational Research (Scopus Q2)

Volume 11, Issue 2, 2022

25

The quality of test on National Examination of Natural science in the level of elementary school

International Journal of Evaluation and Research in Education (Scopus Q3)

Volume 11, No 2, 2022

26

The effectiveness of learning to improve students' higher-order thinking skills

 

Cypriot Journal of Educational Sciences

Volume 17, No. 5,  2022

27

An analysis of item response theory using program R

Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika

Volume 13, No. 1, 2022

28

Iplementasi Pembelajaran Berbasis Projek terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah dan Perguruan Tingi: Meta Analisis

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Volume 8, No. 1, 2022

                                                  

D. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

No

Nama Pertemuan Ilmiah /
Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan
Tempat

1

The 2nd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (2nd ICRIEMS)

The Development of Assessment Instrument Based on Board Games to Measure Physics Learning Achievement of Senior High School Students,

FMIPA UNY, 2015

2

International Conference  on Mathematics, Science, and Education

Analysis of Higher Order Thinking Skills Content of Physics Examinations in Madrasah Aliyah

FMIPA UNES, 2015

3

The 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (3rd ICRIEMS) , FMIPA UNY

The Application of GPCM on MMC Test as a Fair Alternative Assessment Model in Physics Learning

FMIPA UNY, 2016

4

The 2nd  International Conference on Teacher Education and Professional Development (InCoTEPD), LPPMP UNY

The Development of Marzanoian HOTS Physics Test for 10th Grade Senior High School Students

LPPMP UNY, 2017

5

The 4th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (4th ICRIEMS) , FMIPA UNY

The Analysis of The Senior High School Students’ Physics HOTS in Bantul District Measured Using PhysReMChoTHOTS

FMIPA UNY, 2017

6

The International Conference on Learning Innovation (ICLI)

Application of Bloomian and Marzanoian Higher Order Thinking Skills in the Physics Learning Assessment: an Inevitability

 

Pascasarjana UM, 2017

7

The First International Conference on Innovation in Education (ICoIE)

Computer Adaptive Test as The Appropriate Model to Assess Physics Achievement in 21st Century

Pascasarjana UNP, 2018

8

The 6th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (6th  ICRIEMS) , FMIPA UNY

Developing of Bloomian HOTS Physics Test: Content and Construct Validation of The PhysTeBloHOTS (SCOPUS)

 

FMIPA UNY, 2019

9

International Seminar Science Education (ISSE)

Development of computer-based test in critical thinking skill assessment of physics (SCOPUS)

PPs UNY, 2019

10

International Seminar Science Education (ISSE)

Applying CBT in physics learning to measure students’ higher order thinking skills (SCOPUS)

PPs UNY, 2019

11

International Seminar Science Education (ISSE)

Developing computer based test to assess students’ problem solving in physics learning (SCOPUS)

PPs UNY, 2019

12

International Conference on Mathematics and Science Education 2019 (ICMScE 2019)

Higher order thinking skills (HOTS)-oriented e-module in electric circuit (SCOPUS)

UPI 2019

13

The 7th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (7th ICRIEMS)

Development of Assessment Instruments to Measure Physics Verbal Representation Ability of Senior High School Students

FMIPA 2020

14

The 7th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (7th ICRIEMS)

Vegisari "development of test instruments of Newton's law of gravity material based on the vernal equinox phenomenom"

FMIPA 2020

15

The 7th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (7th ICRIEMS)

Developing Assessment Instrument to Measure Senior High School Student’s Mathematical Representation Ability in Physics Learning

FMIPA 2020

16

The 6th International Seminar on Science Education (ISSE)

Physics Graphical Representation Test of Straigh Motion Kinematics Based on Boti Boat Local Wisdom: Development and Validity

PPs UNY, 2020

17

Seminar Nasional Pekan Ilmiah Fisika XXIII

Computerized Adaptive Test (CAT) Wujud Internet of Thing (IoT) dalam Memajukan Pendidikan Fisika untuk Mencapai

Visi Indonesia Emas 2045

 

FMIPA UNY, 2020

18

The 7th International Seminar on Science Education (ISSE)

An Eight-category Partial Credit Model as Very Appropriate for Four-Tier Diagnostic Test Scoring in Physics Learning

FMIPA UNY, 2021

 

E. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

 

No

Judul Buku

Tahun

Jumlah
Halaman

Penerbit

1

Fisika Zat Padat untuk Calon Guru dan Guru Fisika serta Calon Fisikawan

2015

 

UNY Press

2

Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern

2018

 

UNY Press

3

Panduan Pengembangan CAT untuk Mengukur HOTS Lengkap Fisika Kelas X SMA dan Penggunaannya

2019

 

UNY Press

4

Pengembangan Tes HOTS Lengkap dengan CAT dan Penerapan: Contoh Materi Fisika Kelas XI SMA

 

2019

 

Parama Publishing

5

The Development of Marzanoian HOTS Physics Test for 10th Grade Senior High School Students

2019

 

CRC Press/Balkema, Routledge

6

Panduan PhysTePSoS-CBT untuk Mengukur Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika, Contoh Penerapan : Materi Kelas XI

2019

 

UNY Press

7

Panduan pengembangan tes critical & creative thinking skills dengan computer based test dan penerapannya

2020

 

UNY Press

8

Panduan Pengembangan Dan Penerapan CBT Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Majemuk (PhysTeMultiRep-CBT): Contoh Materi Fisika X SMA/MA

 

2020

 

UNY Press

9

Panduan Pengembangan dan Penggunaan Tes Diagnostik Empat Lapis (FTDT): Contoh Materi Fisika Kelas X SMA/MA

2021

 

UNY Press

F. Perolehan HKI dalam 5–10 Tahun Terakhir

No.

Judul/Tema HKI

Tahun

Jenis

Nomor P/ID

1

Buku, Pengembangan dan Panduan Penggunaan Tes Diagnostik Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Untuk Mahasiswa (PhysDiTHOTS)

 

2016

Buku

C22201604786 /

083953

2

Buku, Asesmen Kinerja Keterampilan Proses Sains Berbasis STEM

 

2016

Buku

 C22201604787 /

083954

3

Buku, Asesmen Kinerja, Keterampilan Berpikir Kritis Berbasis STEM untuk SMA Kelas X Materi Suhu dan Kalor

 

2016

Buku

C22201605153 / 084383

 

4

Pedoman Pengembangan  dan Penggunaan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills Bloomian Menggunakan Computerized Adaptive Test

2017

Buku

EC00201701308/ 06152

5

FISIKA ZAT PADAT Untuk Calon dan Guru Fisika serta Calon Fisikawan

2017

Buku

EC00201703324/ 03537

6

 

 

Buku Pedoman Pengembangan Instrumen Tes Physics Higher Order Thinking Skills (HOTS) Marzanoian Berbantuan Computerized Adaptive Test (CAT)

2017

Buku

EC00201703323/ 03536

 

7

Pedoman Pengembangan  dan Penggunaan Instrumen Tes Creative Thinking Menggunakan Computerized Adaptive Test

2017

Buku

EC00201703146/ 03429

 

8

Pedoman Pengembangan  dan Penggunaan Instrumen Tes Critical Thinking Menggunakan Computerized Adaptive Test

2017

Buku

EC00201703173/ 030446

9

Pengembangan  Tes Problem Solving Fisika Klas X SMA Menggunakan Computerized Adaptive Test

2017

Buku

EC00201703172/ 03445

 

10

 

 

Panduan Pengembangan CAT untuk Mengukur HOTS Lengkap Fisika Kelas X SMA dan Penggunaannya

2017

Buku

EC00201703321/ 03535

11

Software PhysCoTeHOTS-CAT_X untuk Mengukur HOTS Lengkap Fisika Kelas X SMA

2017

Program Komputer

EC00201703325 / 03767

 

12

Buku Panduan Computerized Adaptive Test (CAT) Memetakan Problem Solving Skills Fisika

 

2018

Buku

EC0020182594/ 000116221

 

13

Panduan Pengembangan dan Penggunaan Computerized Adaptive untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif

 

2018

Buku

EC00201851886 / 000122557

14

Computerized Adaptive Test for Physics Critical Thinking Skills (CAT-PhysCritTS) Panduan Pengembangan dan Penggunaan dalam Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Kelas XI SMA

 

2018

Buku

EC00201851887 / 000122558

 

15

Panduan Pengembangan dan Penggunaan Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Mengukur HOTS Bloomian Fisika SMA

 

2018

Buku

EC00201851890/ 000122555

16

Panduan Pengembangan dan Penggunaan Computerized Adaptive Test untuk Mengukur HOTS Versi Marzano

 

 

2018

Buku

EC00201851894/ 000122556

17

Pengembangan Tes HOTS Lengkap dengan CAT dan Penerapan: Contoh Materi Fisika Kelas XI SMA

 

2018

Buku

EC0020186013/ 000129592

18

Tes HOTS Lengkap Fisika Kleas XI SMA dengan PhysCoTeHOTS-CAT_XI

 

2018

Program Komputer

EC0020186014/ 000129553

 

19

Pedoman Pengembangan Dan Penggunaan Soal Kimia Two-tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta

Didik

2019

Buku Panduan

EC00201950667/ 000150453

20

PANDUAN PHYSTEPSOS-CBT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA, CONTOH PENERAPAN: MATERI KELAS XI

 

2019

Buku

EC00201978831/ 000161439

21

Panduan Pengembangan Tes Critical & Creative Thinking Skills Dengan Computer Based Test Dan Penerapannya: Contoh Materi Fisika Kelas XI SMA/MA

2019

Buku

EC00201981865/000164010

22

PANDUAN PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN COMPUTER BASED TEST UNTUK MENGUKUR HOTS: CONTOH MATERI KELAS XI FISIKA SMA/MA

2019

Buku

EC00201982232/000164720

23

PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH UNTUK CBT

2019

Buku

EC00201978829/000161323

24

PANDUAN PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST FOR PHYSICS CREATIVE THINKING SKILLS (PhysCREATHINK-CBT) SMA

2019

Buku

EC00201978846/000161435

25

Panduan Pengembangan Dan Penggunaan Computer Based Test Critical Thinking Skills (PhysCriThis-CBT)

2019

Buku

EC00201981910/000164036

26

PANDUAN PENGEMBANGAN TES HOST BLOOMIAN FISIKA DENGAN COMPUTER BASED TEST DAN PENERAPANNYA

2019

Buku

EC00201982229/000164535

27

PANDUAN PENGEMBANGAN TES HOST MARZANOIAN FISIKA DENGAN COMPUTER BASED TEST DAN PENERAPANNYA

2019

Buku

EC00201982230/ 000164537

28

Tes Creative and Critical Thinking Skills Fisika XI SMA/MA dengan PhysC2TS_CBT-XI

2020

Program Komputer

EC00202006402/ 000179699

29

‘SMART’ Model Evaluasi Program Bimbingan Karir Sekolah Menengah Kejuruan

2020

Buku

EC00202018915/ 000191115

30

Instrumen Penilaian Temperature And Heat Test For Higher Order Thinking Skill (THT-HOTS)

2020

Modul

EC00202020138/ 000192202

31

Video Pembelajaran STEM ISciT Pada Materi Magnet Dan Induksi Elektromagnetik

2020

Karya Rekaman Video

EC00202039594/ 000208418

32

Video Pembelajaran STEM ISciT Pada Materi Listrik

2020

Karya Rekaman Video

EC00202039592/ 00208420

33

Media Pembelajaran Fisika APHELION Berbasis Fenomena Kulminasi Di Khatulistiwa Berbantuan Android

2020

Program Komputer

EC00202038537/ 000210425

34

Panduan Pengembangan Dan Penerapan CBT Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Majemuk (PhysTeMultiRep-CBT):

Contoh Materi Fisika X SMA/MA

2021

Buku

EC00202107775/000234667

35

PhysTeMultiRep-CBT: Tes Kemampuan Representasi Majemuk Fisika Dengan Computer Based Test

2021

Program Komputer

EC00202101030/ 00231491

36

Panduan Pengembangan dan Penggunaan Tes Diagnostik Empat Lapis (FTDT): Contoh Materi Fisika Kelas X SMA/MA

2021

Buku

EC00202157513/000282341


 

File Bidang Penelitian :
3_Saintek+Sifat+Mekanik-Anil
4_Sanitek+Fotovoltaik
5_CP_Pemblj+konteks+ARL
6_Inoteks_Elektroplating
7_Prosiding_Sem_Implantasi_Ion
9_Prosiding_Sem_Sifat_Kemagnetan
26 Sertifikat HAKI Software Tes HOTS PhysCoTeTHOTS-CAT_XI
26 Panduan Penggunaan Software PhysCoTeHOTS-CAT_XI
2 KI2 Edi Istiyono Penilaian Pembelajaran Yang Menerapkan Lesson Study
4 KI4 Edi Istiyono PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA
11 KI11 Edi IstiyonoThe Development of Performance Assessment
14 KI14 Edi Istiyono Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Fisika Berbasis Komputer
19 KI19 Edi Istiyono The Developing of Creative Thinking Skills Test Based on Modern Test Theory
22 KI22 Edi Istiyono Developing IRT-Based CTS-CAT
23 KI23 Edi Istiyono Measurment of Physics Problem-Solving Skills in Female Male
24 KI24 Edi Istiyono Edi Istiyono DEveloping Assessment PS
12 KI12 Edi Istiyono Developing Problem Solving Test in grade X
20 KI20 Edi Istiyono Mapping of physics problem-solving skills of senior high school
1 KI 1 Edi Istiyono EFFECTIVENESS OF REASONED OBJECTIVE (2)
3 KI3 Edi Istiyono The Development of Physics Essay Test for HOTS in Junior High School Rev
7 KI7 Edi Istiyono Analysis of Higher Order Thinking Skills Content
8 KI8 Edi Istiyono THE DEVELOPING AN ASSESSMENT INSTRUMENT BASED ON BOARD
9 KI9 Edi Istiyono The Using of Computer as A Tool for Physics Cognitive Assessment Test PhysCoTest in 21st Century
10 KI10 Edi Istiyono The Application Of Gpcm On Mmc Test
13 KI13 Edi Istiyono Development of two tier tets
17 KI17 Edi Istiyono The analysis of senior high school students’ physics HOTS in Bantul
18 KI18 Edi Istiyono IT-Based HOTS Assessment
5 KI5 Edi Istiyono ANALYZING SKILL DAN REASONING SKILL SISWA MADRASAH ALIYAH DI KOTA YOGYAKARTA
6 KI6 Edi Istiyono STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING (HOTS) PADA KELAS X DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA
15 KI15 Edi Istiyono Application of Bloomian and Marzanoian
16 KI16 Edi Istiyono Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material
21 KI21 Edi Istiyono Computer Adaptive Test as The Appropriate Model to Assess Physics Achievement in 21st Century
Bidang Pengabdian

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Tahun

Judul Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber*

Jml (Juta Rp)

1

2015

Pembinaan Olimpiade Sains Bidang Fisika peserta didik SMAN1 Godean

SMAN1 Godean

3,0

2

2015

Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian  Non Tes Mata Pembelajaran IPA bagi Guru- guru IPA SMP di Kecamatan Pandak

DIPA FMIPA UNY

4,0

3

2015

Metode Penilaian dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 SMK

SMKN2 Yogyakarta

3,8

4

2016

Pembinaan Olimpiade Sains Bidang Fisika peserta didik SMP Gunung Kidul

SMPN2 Wonosari

2,5

5

2016

Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) bagi Guru-guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta

 

DIPA FMIPA UNY

5,0

6

2017

 Pelatihann Penyusunan Instrumen Penilaian Baku Tes Hasil Belajar Fisika Menuurt K-13 bagi Guru-guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta

DIPA FMIPA UNY

5,0

7

2017

Pelatihan Penyususnan Instrumen Penilaian Otentik bagi Guru SMP

DIPA PPs UNY

12,5

8

2018

Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Otentik bagi Guru-guru SD: THB Matapelajaran UN

 

DIPA PPs UNY

12,5

9

2019

Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Analisisnya Secara Modern bagi Guru-guru IPA SMP

 

DIPA PPs UNY

12,5

10

2020

Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes Online pada Pandemi COVID 19  bagi Guru-guru Fisika SMA di Sleman

DIPA PPs UNY

15

11

2020

Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian Online Berbasis Model Pembelajaran Treffinger untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik SMA pada Pandemi COVID 19 

DIPA FMIPA UNY

6

12

2021

Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian Online Berbasis Model Pembelajaran Treffinger untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik SMA di Tengah Pandemi Covid-19

DIPA FMIPA UNY

6

13

2022

Pelatihan Penyusunan Tes Online “Quizizz” bagi Guru-guru di Desa Purwoharjo Kabupaten Kulon Progo pada Pandemi COVID-19

DIPA Pascasarjana UNY

15

14

2022

Visiting lecture: Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika dan Teknik Analisisnya

DIPA FMIPA UNY

8

15

2022

Training on the Preparation of Assessment Instruments and Its Analysis Using the Modern Test Theory Approach (IRT) for Elementary School Teachers in Indonesia and Malaysia

DIPA LPPM UNY

50

 

File Bidang Pengabdian :
1_Pengembangan+Sekolah+Mitra+PembSoal+SD
2_PPM_STM-IPA-SD
3_PPM_Inkuiri-IPA-SD
4_PPM_Science+Skill+Builder+IPA+SD
5_Sertifkat+PLPG+1
Lain-lain

A. Pengalaman Kerja dalam Menduduki Jabatan atau Tugas Tambahan

  1. Pendidik (Dosen) Profesional pada Bidang Pendidikan Fisika (2010- sekarang)
  2. Fasilitator Nasional (Master Trainer) Diklat Calon Pengawas dan Kepala Sekolah/Madrasah  dengan sertifikat No.: 15705/F/KP/2009 (2009-sekarang)
  3. Assessor Sertifikasi Guru (2011-sekarang)
  4. Memperoleh tanda kehormatan “Satyalencana Karya Satya X Tahun” dari Presiden RITahun 2003
  5. Kepala LaboratoriumFisika Zat Padat (2000-2010)
  6. Anggota Task Team D Fisika IMSTEP-JICA FMIPA UNY (2001-2003)
  7. Ketua/sekretarisTim Pemberkas Angka Kredit Tenaga Edukatif (Dosen) Tingkat Jurusan (Pendidikan Fisika) pada FMIPA UNY (2004- 2010)
  8. Pengkaji Materi dalam Penyusunan Garis-garis Besar Isi Media (GBIM), Jabaran Materi (JM), dan Penulisan Naskah Media Audio Penunjang Pendidikan (MAPP) pada Balai Pengembangan Media Radio (BPMR) Yogyakarta (2006- sekarang)
  9. Koordinator Instruktur PLPG Fisika SMA tahun 2007
  10. Anggota Tim Inti KKN LPM UNY (2008-2011)
  11. Tim Penulisan Modul MA Tingkat Pusat2004
  12. Pengawas dalam penyelenggaraan Ujian Tulis pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Panitia Ujian Masuk Lokal 45 Yogyakarta Rayon B Devisi IPS bagi calon mahasiswa baru tahun 1994-sekarang
  13. Anggota dalam kepanitiaan “Penyiapan Akreditasi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY” dengan SK Dekan  No. 167 Tahun 2004
  14. Anggota dalam kepengurusan SP4 Tahun II Jurdik Fisika FMIPA UNY  Tahun 2005
  15. Anggota dalam kepanitiaan ”Seminar dan temu Alumni Jurusan Pendidikan Fisika” tanggal 1 Oktober 2005
  16. Pendamping/Nara sumber Lesson Study di SMP di Kabupaten Bantul DIY  tahun 2007-2010
  17. Kepala Pusat Pengelola KKN dan PWT LPPM UNY (2015)
  18. Koordinator PPG SM-3T UNY (2016)
  19. Koordinator Laboratorium Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNY (21016 – 2017)
  20. Sekretaris Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidkan S2 dan S3 Pascasarjana UNY (2017-2020)
  21. Koordinator Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidkan (S2 PEP) Pascasarjana UNY (2020-sekarang)

B. Penulisan Modul Madrasah Aliyah :

  1. Gerak Melingkar
  2. Dinamika Gerak Lurus
  3. Termodinamika dan teori Kinetik Gas
  4. Tegangan Listrik Bolak-Balik

C. Penulisan Buku Sekolah Menengah:

  1. Fisika Untuk Kelas X SMA dan MA Penerbit PT Intan Pariwara Edisi 2004, 2005, 2006, 2007
  2. Fisika Untuk Kelas XI SMA dan MA Penerbit PT Intan Pariwara Edisi 2004, 2005, 2006, 2007
  3. Fisika Untuk Kelas XII SMA dan MA Penerbit PT Intan Pariwara Edisi 2004, 2005, 2006, 2007
  4. Seri IPA Fisika 1 Kelas VII SMP Penerbit Quadra  Edisi 2007
  5. Seri IPA Fisika 2 Kelas VIII SMP Penerbit Quadra  Edisi 2008
  6. Seri IPA Fisika 3 Kelas IX SMP Penerbit Quadra Edisi 2007
  7. Seri IPA Buku Kerja Fisika 1 Kelas VII SMP Penerbit Quadra Edisi 2007
  8. Seri IPA Buku Kerja Fisika 2 Kelas VIII SMP Penerbit Quadra 2008
  9. Seri IPA Buku Kerja Fisika 3 Kelas IX SMP Penerbit Quadra Edisi 2007
  10. Physics 1 For Junior High School Year VII Penerbit Quadra  2011
  11. Physics 2 For Junior High School Year VIII Penerbit Quadra  2011
  12. Physics 3 For Junior High School Year IX Penerbit Quadra 2011
  13. IPA Terpadu 1 untuk SMP Kelas VII Penerbit Quadra Edisi 2013
File Lain-Lain :
1_Buku+Fisika+SMA+X
2_Buku+Fisika+SMA+XI
3_Buku+Fisika+SMA+XII
4_Buku+IPA+Fisika+SMP+VIII
5_Buku+IPA+Terpadu+SMP+VII
6_Pengawas+SNPTN+1
7_Pengkaji+Materi+BPMR+1
8_Sertifkat+PLPG+1
10_Surat+Tugas+LSBS+SMPN+1+Sewon
11_Surat+Tugas+LSBS+SMP2+Bblipuro
9_Sertifikat+Fasilitator+Nas+Diklat+Pengawas+Sekolah