Prof. Dr. Marzuki, M.Ag.

Status : Tenaga Pendidik

Identitas
NIP : 196604211992031001
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Keahlian :

1. Pendidikan Agama Islam (S1)

2. Hukum Islam (S1)

3. Pendidikan Karakter Bangsa (S1)

4. Moral Agama (S1)

5. Penulisan Karya Ilmiah (S2)

6. Penulisan Proposal Tesis (S2)

7. Seminar Proposal Tesis (S2)

8. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Kewarganegaraan (S2)


Riwayat Pendidikan :
No. Jenjang Fakultas/Jurusan Perguruan Tinggi Tahun Lulus
1 S-1 Pendidikan/Tarbiyah (Bahasa Arab) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1990
2 S-2 Program Pascasarjana (Pengakajian Islam) IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1996
3 S-3 Program Pascasarjana (Pengkajian Islam) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2007

 

 


Unit Kerja
Fakultas Ilmu Sosial
Jurusan :
Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Golongan / Pangkat :
IV/d / Pembina Utama Madya
Jabatan :
Guru Besar
Contact
email : marzukiwafi@yahoo.co.id
Blog :
Facebook :
Bidang Penelitian
File Bidang Penelitian :
1. Multicultural education in salaf pesantren and prevention of religious radicalism in Indonesia (Marzuki, Miftahuddin, Mukhamad Murdiono), 2020, Cakrawala Pendidikan, 39(1), 12-25.
2. An assessment model of Islamic religion education teacher personality competence (Sovia Mas Ayu, Badrun Kartowagiran, Marzuki), 2017, Research and Evaluation in Education (REid), 3(1), 77-91.
4. Citizenship Education as Value Education and the Nation\'s Strengthening of Character for Citizens (Siti Anisah dan Marzuki), 2019, Proceeding, “International Conference on Social Science and Character Educations (IcoSSCE 2018), 186-193.
5. Forming young citizen characters through youth organizations in Indonesia (Wellyana, Marzuki), 2020, Proceeding of The Conference on Theacher Education and Professional Development (INCOTEPD 2018), 77-81.
6. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. (Marzuki dan Pratiwi Istifany Haq), 2018, Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 84-94.
7. Kerukunan Antar Umat Beragama Sebagai City Branding Harmoni Kediri The Service City (Irawan Hadi Wiranata; Marzuki), 2018, 3(1), 64-73.
8. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Emi Ramdani, Marzuki), 2019, JIPPK Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, 4(1), 37-47.
9. Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta (Danang Prasetyo dan Marzuki), 2016, Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 215-231.
10. Pengaruh Model Problem-Based Learning dan Project Citizen dalam Pembelajaran PKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Disiplin Siswa (Marzuki dan Basariah), 2017, Cakrawala Pendidikan, 36(3), 382-400.
11. Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (Marzuki Marzuki, Darmiyati Zuchdi, Mami Hajaroh, Nurul Imtihan, Wellyana Wellyana), 2019, JURNAL KEPENDIDIKAN PENELITIAN INOVASI PEMBELAJARAN, 3(2), 276-290.
12. Pengaruh Peran Guru PPKn dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tindakan Moral Siswa, (Marzuki dan Yoga Ardian Feriandi), 2016, Jurnal Kependidikan, 46(2), 193-206.
13. Pembentukan Karakter Kewargaan Multikultural dalam Program Kurikuler di Madrasah Aliyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta, (Samsuri dan Marzuki), 2016, Cakrawala Pendidikan, 35(1), 24-32.
14. Penguatan Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah (Alfurkan dan Marzuki), 2019, JIPPK Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, 4(2), 222-233.
15. Pendidikan Bela Negara Sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda (Rahmat Wijayanto J., Marzuki Marzuki), 2018, JIPPK Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, 3(2), 186-191.
16. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta, (Marzuki dan Lysa Hapsari), 2015, Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 142-156.
17. Pendidikan Ideal Perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Marzuki dan Siti Khanifah), 2016, Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172-181.
18. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang, (Sri Woro dan Marzuki), 2016, Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 59-73.
19. Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman (Rina Palunga, Marzuki), 2017, Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 109-123.
20. Kandungan Nilai-Nilai Karakter Kewargaan dalam Novel Pulang Karya Darwis Tere Liye (Deviana Fadhillatie Azizah dan Marzuki), 2018, Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 114-122.
21. Nilai-Nilai Karakter Pada Teknik Patri Tapal Kuda Lampu Andong di Kotagede Yogyakarta (Nurjayanto Prasetyo dan Marzuki), 2019, Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 104-115.
22. Implementasi Nilai–Nilai Karakter Dalam Kegiatan Palang Merah Remaja Di Sekolah Binaan PMI (Ascosenda Ika Rizqi dan Marzuki), 2014, HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 1-11.
23. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif Model Permainan pada Siswa SMPN 1 Bantarsari Cilacap, (Parwanti dan Marzuki), 2015, HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 87-96.
24. Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media untu Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS, (Krisno Prasetyo Wibowo dan Marzuki), 2015, HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158-169.
25. Pemanfaatan metode active debate untuk peningkatan hasil belajar dan karakter kesantunan dalam pembelajaran PKn di SMP (Dwi Cahyaningsih, Marzuki), 2017, HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 176-186.
26. Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru (Danang Prasetyo, Marzuki, Dwi Riyanti), 2019, HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 4(1), 19-32.
27. Pembinaan Karakter Melalui Implementasi Budaya Sekolah di Sekolah Dasar (Danang Prasetyo dan Marzuki), 2019, MADRASAH: JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DASAR, 12(1), 14-27.
28. Pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru IPS bersertifikat pendidik (Febry Adi Nugroho, Marzuki Marzuki), 2019, HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 107-116.
29. Keefektifan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pkn untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur, (Ika Tijayanti, Marzuki), 2014, SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 173-182.
30. Politik Pendidikan Indonesia Dalam Membentuk Good Citizens Pada Era Reformasi (Dwi Wijayanti, Marzuki), 2016, SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 1-11.
31. Pengaruh micro teaching dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter tanggung jawab mahasiswa (Muhammad Arif Al-Fikri, Marzuki), 2018, SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 15(2), 94-103.
32. Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Terpadu dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Sekolah Menengah Pertama (Lilik Indiharta, Suharjana, Marzuki), 2016, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(2), 129-144.
33. Pengaruh Model PBM dalam Pembelajaran PPKn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis (Risti Aulia Ulfah, Danang Prasetyo, Marzuki), 2018, Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 125-139.
34. Pendidikan Karakter Islam (mandiri). ISBN. 978-602-8689-94-6 (184 hlm), 2015, Penerbit Amzah Jakarta.
35. Dien al-Islam: Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Sebagai salah satu anggota Tim Penulis bersama Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. dkk, dan menjadi editor tunggal). ISBN. 978-602-7981-95-9 (473 hlm), 2016, UNY Press Yogyakarta.
36. Analisis Gender dalam Kajian-Kajian Keislaman (mandiri). ISBN. 978-602-556661-5 (229 hlm), 2018, UNY Press Yogyakarta.
37. Character Education for 21st Centurv Globat Citizens: Proceeding) (sebagai salah satu editor). (665 hlm) ISBN. 978-1-138-09922-7 (Hbk) & 978-1-315-10418-8 (eBook), 2019, Routledge: Taylor & Francis Group London and New York.
38. Kontra Narasi Radikalisme: Membangun Keberagaman Inklusif di Indonesia (Penulis utama bersama Benni Setiwan, M.S.I.), ISBN.978-623-261-000-2 (82 hlm), 2020, Penerbit Samudra Biru Yogyakarta.
Hasil Turnitin 1. Multicultural education in salaf pesantren and prevention of religious radicalism in Indonesia (Marzuki, Miftahuddin, Mukhamad Murdiono), 2020.
Hasil Turnitin 2. Cultivating character in junior high school students through the subject of Islamic religious education (Marzuki), 2019.
Hasil Turnitin 3. An assessment model of Islamic religion education teacher personality competence (Sovia Mas Ayu, Badrun Kartowagiran, Marzuki), 2017
Hasil Turnitin 4. Citizenship Education as Value Education and the Nation\'s Strengthening of Character for Citizens (Siti Anisah dan Marzuki, 2019.
Hasil Turnitin 5. Forming young citizen characters through youth organizations in Indonesia (Wellyana, Marzuki), 2020.
Pengantar Studi Hukum Islam Prinsip Dasar Memahami Berbagai Konsep dan Permasalahan Hukum Islam di Indonesia. ISBN: 978-602-7544-98-7. (374 hlm). Penerbit Ombak Yogyakarta.
34. Model Pendidikan Ekonomi Kreatif Berbasis Karakter Sebagai Bridging Course Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Prosiding (2014), 317 hlm. ISBN: 978-979-562-029-7. LPPM UNY, hlm. 195-210.
HKI No. 090946 dari Alat Peraga HURUF QUIET BOOK. Alat Peraga ini diumumkan pertama kali 20 September 2017, di LPPM Universitas Negeri Yogyakarta.
HKI No. 000122844 dari Buku: Dinul Islam: Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi Umum (ditulis Oleh Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. Dkk Dengan Editor Dr.Marzuki, M.Ag.). Buku ini diumumkan pertama kali. 1 Januari 2016, di Yogyakarta
HKI No. 000122857 dari Buku: PENGANTAR STUDI HUKUM ISLAM: Prinsip Dasar Memahami Berbagai Konsep Dan Permasalahan Hukum Islam Di Indonesia. Buku ini diumumkan pertama kali 2 September 2017, di Yogyakarta.
3. Cultivating character in junior high school students through the subject of Islamic religious education. Proceeding, “Character Education for 21st Century Global Citizen” (2019). ISBN 978-1-138-09922-7. October 21-22, 2017, pp. 437-444.
Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. (2012). ISBN. 978-602-7544-74-1. (325 halaman). Penerbit Ombak Yogyakarta.
Prinsip Dasar Akhlak Mulia (2009). Debut Wahana Yogyakarta. ISBN. 978-602-95872-0-3. (400 halaman)